ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN KONSUMEN TERHADAP TELUR AYAM RAS DI PASAR TRADISIONAL KOTA MEDAN
Agrisentrum
Keywords:
Faktor yang Mempengaruhi, Permintaan, Konsumen, Telur Ayam RasAbstract
Pendapatan rumah tangga sangat mempengaruhi daya beli konsumen terhadap suatu produk khususnya dalam hal ini yaitu produk telur ayam ras, karena pendapatan rumah tangga sangat mempengaruhi minat konsumen untuk membeli telur ayam ras, namun telur ayam merupakan produk makanan yang sehat dan sangat terjangkau oleh kalangan masyarakat baik kecil, menengah maupun atas. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalis karakteristik konsumen telur ayam ras dan menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi permintaan telur ayam ras di Pasar Tradisional Kota Medan. Untuk menguji hipotesis yaitu diduga ada karakteristik konsumen permintaan telur ayam ras. Diduga ada faktor- faktor yang mempengaruhi permintaan telur ayam ras di Pasar Tradisional Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik konsumen telur ayam ras di pasar tradisional Kota Medan, jenis kelamin yang paling banyak adalah perempuan dengan umur berkisar antara 20 – 40 tahun, pendidikan terakhir SMA/sederajat, pekerjaan yang paling banyak adalah Ibu Rumah Tangga dan pendapatan keluarga per bulan rata-rata Rp. 2.654.285 antara (Rp..2.100.000 dan 3.000.000. Dari hasil analsisis regresi linear berganda didapatkan hasil uji t dengan taraf kepercayaan 95% atau ? 0,05 yang menyimpulkan bahwa variabel harga telur ayam ras (X1) dengan nilai T hitung > Ttabel (2.799 > 1.98), harga barang penganti T hitung > Ttabel (2.981> 1.98), pendapatan keluarga (X4), dengan nilai T hitung > Ttabel (9.837 > 1.98) berpengaruh nyata terhadap permintaan telur ayam ras sedangkan jumlah anggota keluarga (X3) tidak berpenagruh nyata terhadap permintaan konsumen dengan nilai T hitung < Ttabel ( 1.315 < 1.98)