ANALISIS BIAYA PRODUKSI DAN PEMASARAN PETERNAK TELUR AYAM RAS DI PASAR TRADISIONAL KOTA MEDAN

Agrisentrum

Authors

  • Rifdi UMN Al-Washliyah Medan
  • Leni Handayani UMN Al-Washliyah Medan

Abstract

Permintaan akan telur sangat erat kaitannya dengan harga karena dengan adanya harga yang sesuai maka masyarakat dapat menjangkau sesuai dengan pendapatan mereka. Meningkatnya pendapatan sangat berpengaruh terhadap permintaan telur. Apabila pendapatan berubah maka jumlah permintaan akan telur pun akan berubah sehingga dapat mempengaruhi kegiatan produksi dan perdagangan telur. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor biaya produksi terhadap  kenaikan harga dan permintaan telur ayam ras di daerah penelitian. Untuk menguji hipotesis yaitu faktor biaya produksi dan permintaan terhadap  kenaikan harga telur ayam ras di daerah penelitian. Berdasarkan  analisis yang dilakukan bahwa biaya produksi  usaha peternak ayam ras sebesar Rp. 1.962.657.700 per periode produksi. Pendapatan bersih yang diperoleh  oleh  peternak adalah  sebesar Rp. 464.493.000 per periode produksi. Nilai R/C Rasio sebesar 1,24 per produksi. Ada 2 Saluran pemasaran telur ayam ras  yang terjadi di daerah penelitian a. Saluran Pemasaran I.  Peternak => Pedagang Pengecer  => Konsumsen b. Saluran Pemasaran II. Peternak => Agen  => Pedagang Pengecer  => Konsumen.  Saluran pemasaran yang dapat memberikan keuntungan yang lebih besar adalah lembaga yang memasarkan telur ayam ras  dengan menggunakan jalur pemasaran yang lebih singkat seperti saluran I.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Rifdi, & Leni Handayani. (2023). ANALISIS BIAYA PRODUKSI DAN PEMASARAN PETERNAK TELUR AYAM RAS DI PASAR TRADISIONAL KOTA MEDAN: Agrisentrum. AGRISENTRUM, 1(2), 25–32. Retrieved from https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/agrisentrum/article/view/599

Issue

Section

Articles