ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN CABAI MERAH KERITING (Capsicum annum L) DI PASAR TRADISIONAL KECAMATAN SIMPANG KANAN KABUPATEN ACEH SINGKIL

Agrisentrum

Authors

  • Monica Ranti Harahap UMN Al-Washliyah Medan
  • Leni Handayani UMN Al-Washliyah Medan

Keywords:

Efisiensi Pemasaran, Margin Pemasaran, Profit Margin

Abstract

Cabai merah keriting merupakan salah satu komoditas yang memiliki fluktuasi harga yang cukup besar. Fluktuasi harga cabai merah keriting dapat disebabkan oleh besarnya jumlah penawaran dan besarnya jumlah permintaan. Semakin tinggi jumlah penawaran maka harga akan rendah, sedangkan semakin sedikitnya jumlah penawaran harga akan semakin meningkat ( ceteris paribus ). Harga cabai merah yang sangat fluktuatif menjadikan komoditas ini sulit untuk dapat diprediksi. Saluran distribusi pemasaran pada cabai merah keriting di mulai dari petani dan berakhir pada konsumen akhir. Anggota yang saling berhubungan selama kegiatan pemasaran produk berlangsung akan membentuk sebuah saluran distribusi. Semakin panjang saluran distribusi pemasaran maka semakin banyak biaya yang akan dikeluarkan dan semakin besar juga harga yang akan dibiayai oleh konsumen akhir serta akan membuat margin keuntungan yang rendah, sebaliknya semakin pendek saluran distribusi pemasaran maka semakin sedikit lembaga yang terlibat sehingga harga yang akan di bayarkan oleh konsumen akan lebih kecil serta akan membuat margin keuntungan yang tinggi. Fokus penelitian ini adalah bagaimana saluran pemasaran cabai merah keriting. Bagaimana biaya pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pada lembaga pemasaran cabai merah keriting. Bagaimana tingkat efisiensi pemasaran cabai merah keriting di daerah penelitian. Untuk menguji hipotesis menggunakan rumus margin pemasaran, profit margin dan biaya pemasaran serta efisiensi pemasaran cabai merah di Kecamatan Simpang Kanan. Hasil penelitian menunjukan saluran pemasaran yang dapat memberikan petani keuntungan yang lebih besar adalah petani yang memasarkan cabai merah dengan menggunakan jalur pemasaran yang lebih singkat seperti saluran III yaitu petani menjual cabai merahnya kepada pedagang pengecer. Total Margin  pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 8.000 dengan total profit margin Rp. 6.072/Kg. Total margin pemasaran pada saluran pemasaran II sebesar Rp 7.000 dengan total profit margin  Rp 5.449/Kg dan Total margin pemasaran pada saluran pemasaran III sebesar Rp 6.500 dengan total profit margin  Rp 4.000/Kg. Efisiensi pemasaran cabai merah yang paling efisien adalah pada saluran III yaitu sebesar 3.75% yang memiliki nilai efisiensi yang paling kecil dibandingkan pada saluran I  sebesar 4.82%. dan  pada saluran II efisiensi pemasaran sebesar 3.87%.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Monica Ranti Harahap, & Leni Handayani. (2024). ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN CABAI MERAH KERITING (Capsicum annum L) DI PASAR TRADISIONAL KECAMATAN SIMPANG KANAN KABUPATEN ACEH SINGKIL: Agrisentrum. AGRISENTRUM, 2(2), 45–56. Retrieved from https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/agrisentrum/article/view/783

Issue

Section

Articles