STRATEGI METODE PENGAJARAN AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS VIII MTSN 4 ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Rosdiani Rosdiani Guru MTsN 4 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia
  • Dasniar Dasniar Guru MTsN 4 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia
  • Misna Misna Guru MTsN 4 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/manhaji.v1i1.447

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Autentik

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) setelah diterapkannya metode pengajaran autentik pada siswa Kelas VIII MTsN 4 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Pembelajaran dengan metode pengajaran autentik memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (62,50%), siklus II (79,17%), siklus III (87,50%). Penerapan metode pengajaran autentik mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa hasil wawancara yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pengajaran autentik sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Downloads

Published

2022-04-29

Issue

Section

Articles