review process

Manhaji: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal peer-review tersamar ganda. Setiap makalah yang dikirimkan ke Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam untuk publikasi tunduk pada peer review. Tinjauan sejawat dalam jurnal ini adalah evaluasi makalah yang diajukan oleh dua atau lebih individu yang memiliki kompetensi serupa dengan penulis. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan karya tulis ilmiah untuk dipublikasikan. Metode peer-review digunakan untuk menjaga standar kualitas dan memberikan kredibilitas pada makalah. Tinjauan sejawat di Manhaji: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam berlangsung dalam 9 langkah dengan uraian sebagai berikut.

  1. Penyerahan Makalah

Penulis yang sesuai atau mengirimkan mengirimkan makalah ke jurnal. Hal ini dilakukan melalui sistem online yang didukung oleh Open Journal System (OJS). Namun untuk memudahkan penulis, Manhaji: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam untuk sementara juga menerima kiriman makalah melalui email.

  1. Penilaian Kantor Redaksi

Makalah yang masuk terlebih dahulu dinilai oleh Manhaji: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Editor memeriksa apakah sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal. Komposisi dan pengaturan makalah dievaluasi berdasarkan Pedoman Penulis jurnal untuk memastikannya mencakup bagian dan gaya bahasa yang diperlukan. Selain itu, penilaian kualitas minimum makalah yang diperlukan untuk publikasi dimulai pada langkah ini, termasuk penilaian apakah ada kelemahan metodologis utama. Setiap makalah yang dikirimkan yang melewati langkah ini akan diperiksa oleh Turnitin untuk mengidentifikasi adanya plagiarisme sebelum ditinjau oleh peninjau.

  1. Penilaian oleh Pemimpin Redaksi

Pemimpin Redaksi memeriksa apakah makalah tersebut sesuai untuk jurnal, cukup orisinal, menarik, dan signifikan untuk diterbitkan. Jika tidak, makalah dapat ditolak tanpa ditinjau lebih lanjut.

  1. Undangan untuk Reviewer

Editor penanganan mengirimkan undangan kepada individu yang dia yakini akan menjadi peninjau yang tepat (juga dikenal sebagai wasit) berdasarkan keahlian, kedekatan kepentingan penelitian, dan tidak ada pertimbangan konflik kepentingan. Proses peer-review di Manhaji: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam melibatkan komunitas ahli di bidang Manajemen Pendidikan Islam dan Administrasi Pendidikan yang berkualifikasi dan mampu melakukan review yang cukup tidak memihak. Ketidakberpihakan juga dipertahankan oleh peer review double-blind yang digunakan dalam jurnal ini. Artinya, resensi tidak mengetahui identitas penulis, sebaliknya penulis tidak mengetahui identitas resensi. Makalah dikirim ke pengulas secara anonim.

  1. Tanggapan terhadap Undangan

Peninjau potensial menganggap undangan tersebut bertentangan dengan keahlian, konflik kepentingan, dan ketersediaan mereka sendiri. Mereka kemudian memutuskan untuk menerima atau menolak. Dalam surat undangan, editor dapat meminta resensi potensial untuk saran dari resensi alternatif, ketika dia menolak untuk meninjau.

  1. Peninjauan terlaksana

Peninjau mengalokasikan waktu untuk membaca makalah beberapa kali. Bacaan pertama digunakan untuk membentuk kesan awal terhadap karya tersebut. Jika masalah besar ditemukan pada tahap ini, pengulas mungkin merasa nyaman menolak makalah tanpa pekerjaan lebih lanjut. Jika tidak, mereka akan membaca makalah beberapa kali lagi, membuat catatan untuk membangun poin demi poin yang menguraikan. Ulasan tersebut kemudian diserahkan ke jurnal, dengan rekomendasi untuk menerima, atau menolaknya, atau dengan permintaan revisi (biasanya ditandai sebagai walikota atau minor) sebelum dipertimbangkan kembali.

  1. Jurnal Mengevaluasi Ulasan

Pemimpin Redaksi dan penanganan editor mempertimbangkan semua tinjauan yang dikembalikan sebelum membuat keputusan secara keseluruhan. Jika ulasan berbeda jauh antara kedua pengulas, penanganan editor dapat mengundang pengulas tambahan untuk mendapatkan pendapat tambahan sebelum membuat keputusan.

  1. Keputusan Dikomunikasikan

Editor mengirimkan email keputusan kepada penulis termasuk komentar reviewer yang relevan. Komentar pengulas dikirim secara anonim ke penulis terkait untuk mengambil tindakan dan tanggapan yang diperlukan. Pada titik ini, pengulas juga dikirimi email atau surat yang memberi tahu mereka hasil kesepakatan mereka.

  1. Langkah Terakhir

Jika diterima, makalah dikirim ke copy-editing. Jika artikel ditolak atau dikirim kembali ke penulis untuk revisi besar atau kecil, editor yang menangani akan menyertakan komentar konstruktif dari peninjau untuk membantu memperbaiki penulis artikel. Penulis harus membuat koreksi dan merevisi makalah sesuai dengan komentar dan instruksi pengulas.

Setelah dibuat revisi, penulis harus mengirimkan kembali makalah yang direvisi kepada editor.

Jika dikirim kembali untuk direvisi, peninjau harus menunggu untuk menerima versi yang direvisi, kecuali jika mereka memilih untuk tidak berpartisipasi lebih lanjut. Namun, jika hanya perubahan kecil yang diminta, tindak lanjut ini dapat dilakukan oleh editor penanganan.

Jika editor senang dengan makalah yang direvisi, itu dianggap diterima. Makalah yang diterima akan diterbitkan secara online dan semuanya tersedia secara gratis sebagai file pdf yang dapat diunduh.