IMPROVING STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN LEARNING AL-QUR'AN HADIT THROUGH INQUIRY LEARNING METHODS IN CLASS VIII-B OF MTSN 4 WEST ACEH ACADEMIC YEAR 2022-2023
DOI:
https://doi.org/10.47662/manhaji.v1i2.446Keywords:
Metode Pembelajaran Inkuiri, Qur’an HaditsAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran Al-Qur’an Hadits terutama tentang ilmu tajwid sebelum dan sesudah menggunakan metode Inquiry Learning pada siswa kelas VIII-B MTsN 4 Aceh Barat. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Sebelum diberikan tindakan, aktivitas belajar siswa masih kurang. Pada pra siklus siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 20 siswa dari 38 siswa dengan persentase ketuntasan sebanyak 52,63%, kemudian siklus I siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 29 siswa dari 38 siswa dikelas VIII-B dengan persentase ketuntasan sebanyak 76,31% dan siklus II siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 38 siswa dikelas VIII-B dengan persentase ketuntasan hasil belajar sudah melampui batas pencapaian secara klasikal yaitu 100%. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadis materi Hukum Bacaan Idgham Bilaghunnah, Idgham Bighunnah dan Ikhfa antara sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas dan ssesudah dilakukan penelitian tindakan kelas.