IMPROVING STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN SOCIAL STUDIES THROUGH THE APPLICATION OF SAL TYPE COOPERATIVE LEARNING IN CLASS VII A OF MTSN 4 WEST ACEH

Authors

  • Dasniar Dasniar Guru MTsN 4 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia
  • Rosdiani Rosdiani Guru MTsN 4 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia
  • Misna Misna Guru MTsN 4 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/manhaji.v1i2.445

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif SAL

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL Siswa Kelas VII A MTsN 4 Aceh Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL dapat Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia Siswa Kelas VII A MTsN 4 Aceh Barat. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL yang lebih menarik dan bervariasi.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles