IMPROVING TEACHERS’ PROFESSIONALISM IN TEACHING AND LEARNING PROCESS THROUGH CLASS SUPERVISION ACTIVITIES AT MTSN 4 WEST ACEH

Authors

  • Zulaidisjah Zulaidisjah Kepala MTsN 4 Aceh Barat
  • Maizarliana Maizarliana Guru MTsN 4 Aceh Barat
  • Yenni Idayani Guru MTsN 4 Aceh Barat

DOI:

https://doi.org/10.47662/manhaji.v1i1.444

Keywords:

class supervision, professionalism, learning

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan Profesionalisme guru dalam perencanaan pembelajaran di MTsN 4 Aceh Barat dalam kategori baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan melalui hasil penilaian perencanaan pembelajaran pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,35 termasuk dalam kategori baik, kemudian pada siklus II mencapai nilai rata-rata 83,70 termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian terjadi peningkatan pelaksanaan pembelajaran sebesar 12,35 %. Sedangkan peningkatan kemampuan melaksanakan pembelajaran. Peningkatan kemampuan guru tersebut dapat dibuktikan dari hasil penilaian pra pembelajaran pra siklus menunjukkan rata-rata 68,82 dan pada siklus I meningkat sebesar 11,96 % dengan nilai rata-rata 80,78, kemudian pada siklus II meningkat lagi sebesar 10,38 % menjadi 91,17 dengan kategori sangat baik. Peningkatan kemampuan guru dalam pra pembelajaran/perencanaan pembelajaran tersebut sekaligus diikuti dengan peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I mencapai nilai sebesar 71,35 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata sebesar 83,70, maka terjadi peningkatan sebesar 12,35 %.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan supervisi kelas dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Published

2022-04-29

Issue

Section

Articles