PENGARUH PENERAPAN METODE SOROGAN DAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI HASIL BELAJAR ALQURAN
Keywords:
Metode Sorogan, Tutor Sebaya, Motivasi Hasil Belajar AlquranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Hasil belajar Alquran siswa yang diajar menggunakan metode Tutor Sebaya lebih kuat bila dibandingkan dengan hasil belajar Alquran siswa yang diajar dengan metode Sorogan dikelas VIIĀ (2) Hasil belajar Alquran siswa yang memiliki motivasi belajar kuat dari pada hasil belajar Alquran siswa yang memiliki motivasi belajar lemah (3) Adanya Interaksi antara metode Tutor Sebaya dan metode Sorogan terhadap motivasi belajar (studi terhadap hasil belajar Alquran siswa . Hasil penelitian ini adalah Sebagai berikut hipotesis yang telah dikemukakan terbukti kebenarannya , dari metode pembelajaran ternyata Tutor Sebaya lebih baik dari pada Sorogan , dari motivasi belajar ternyata motivasi belajar kuatĀ lebih baik dari pada motivasi belajar lemah . Dari perhitungan uji scheffe diperoleh hasil (1) Hasil belajar Alquran yang menggunakan metode Tutor Sebaya dan memiliki motivasi belajar kuat lebih kuat dari pada metode Sorogan motivasi belajar lemah. (2) Hasil belajar Alquran dengan metode Tutor Sebaya motivasi belajar kuat lebih kuat dari metode Sorogan motivasi belajar kuat. (3) Hasil belajar Alquran dengan metode Tutor Sebaya motivasi lemah tidak ada bedanya atau tidak lebih baik dari pada yang diajar dengan metode Sorogan motivasi belajar kuat. Dengan demikian motivasi belajar kuat sangat berpengaruh terhadap hasil belajar Alquran, dan pembelajaran dengan metode Tutor Sebaya lebih tepat bagi siswa yang memiliki motivasi belajar kuat.