MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI (SDLBN) NEGERI 017700 KISARAN NAGA KABUPATEN ASAHAN

Authors

  • Muhammad Riduan Harahap FAI, Univa Medan
  • Ade Rahman Matondang FAI, Univa Medan
  • Khairin Wildani Lubis SDLBN Kisaran Naga

Keywords:

Peserta didik, Pendidikan, SDLB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana; 1. Perencanaan peserta didik di SDLBN 017700 Kisaran Naga Kabupaten Asahan, 2. Pembinaan peserta didik di SDLBN 017700 Kisaran Naga Kabupaten Asahan, dan 3. Evaluasi peserta didik di SDLBN 017700 Kisaran Naga Kabupaten Asahan. Penelitian dilaksanakan diĀ  Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 01770 Kisaran Naga Kabupaten Asahan. Jenis penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian kualitatif . Metode kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek yang alamiah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif. Analisis data berlangsung secara simultan yang dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data dengan alur tahapan; pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencaan peserta didik ditentukan dari kebutuhan peserta didik sebanyak kuota yaitu 15 peserta didik per kelas. Kemudian, rekrutmen peserta didik berkebutuhan khusus dilakukan dengan pembagian brosur baik secara langsung maupun melalui sosial media. Pembinaan peserta didik dilaksanakan melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. Pembinaan kurikuler sesuai dengan kurikulum yang digunakan yaitu K-13. Sedangkan pembinaan ekstrakurikuler berupa kegiatan pramuka dan seni tari. Selain itu, terdapat layanan khusus yaitu layanan kesehatan berupa UKS yang dikelola oleh seorang dokter. Sedangkan evaluasi peserta didik dilakukan berupa penilaian berbasis kelas, penilaian kinerja, penilaian penugasan, penilaian hasil kerja, penilaian tertulis, penilaian portofolio, dan penilaian sikap.

Downloads

Published

2022-04-20

Issue

Section

Articles