PENGARUH METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN SKI

Authors

  • Eva Susanti Mahasiswa FAI Univa Medan
  • Fitri Yulia Dosen FAI Univa Medan

Keywords:

Metode Ceramah, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Dalam penelitian ini penulis mengambil seluruh dari jumlah populasi sebagai sampel, teknik pengambilan sampel ini ialah (sampel total). Variabel yang digunakan yaitu 2 Variabel: Variabel bebas (X) = Metode Ceramah dan Variabel terikat (Y) = Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sedangkan indikator dalam penelitian ini skor yang diperoleh dari responden melalui angket yang disebarkan. Teknik pengelolaan data yang penulis gunakan dalam pengelolaan data adalah menggunakan rumus korelasi Product Moment. Dengan demikian diperoleh nilai rxy yaitu 0. 66, 02 atau sebesar 66,02%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji “t” diperoleh thitung = 3,930 sedangkan besarnya ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = n- 2 = 20, dk = 22 - 2 = 20 adalah 1,725 oleh karena itu   atau 3,930 > 1,725. Maka rumus hipotesis yang telah ditetapkan dalam penelitian ini dapat diartikan diterima kebenarannya. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (ski) di Kelas VI Mis Darul Mukhlasin Kecamatan Perbaungan.

Downloads

Published

2022-04-08

Issue

Section

Articles