PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIC ANAK USIA PRASEKOLAH PADA MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.47662/jaliye.v2i2.646Keywords:
Permainan Puzzle, Kemampuan Motorik, MatematikaAbstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengetahui dan menilai penggunaan permainan puzzle sebagai teknik pengajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik anak prasekolah dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika.Sebagai bagian dari teknik pengabdian ini, anak-anak prasekolah berpartisipasi aktif dalam sesi permainan puzzle yang dirancang untuk meningkatkan perkembangan motorik halus dan kasar. Puzzle tersebut dipilih berdasarkan tingkat kerumitan yang paling sesuai dengan kebutuhan perkembangan balita. Sepanjang pengabdian, informasi diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara, dan perekaman video terhadap anak-anak yang sedang bermain. Dalam pengabdian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan puzzle meningkatkan kemampuan motorik anak-anak prasekolah secara signifikan. Selain itu, penggunaan media pembelajaran puzzle juga meningkatkan pemahaman konsep matematika seperti pengenalan bentuk, bilangan, dan pola.