IMPROVING TEACHERS’ PERFORMANCE IN PLANNING AND IMPLEMENTING LEARNING ACTIVITIES THROUGH THE TEACHERS’ APPRAISAL AT MTsN 3 WEST ACEH IN ACADEMIC YEAR 2022/2023

Authors

  • Almunawar Khalil Kepala MTsN3 Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jaliye.v1i2.386

Keywords:

Penilaian, Perencanaan, Proses Pembelajaran, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan penilaian perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran di MTsN 3 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kinerja guru menyusun perencanaan pembelajaran sebelum ada penilaian kinerja dan setelah dilaksanakan penilaian kinerja, yaitu dari 50,30 dalam kriteria kurang, pada pelaksanaan siklus pertama meningkat menjadi 69,70 dalam kriteria cukup dan pada siklus kedua memperoleh nilai sebesar 86,67 dalam kriteria baik sekali, dan peningkatan kinerja guru kegiatan pelaksanaan pembelajaran sebelum ada penilaian kinerja dan setelah dilaksanakan penilaian kinerja, yaitu dari 49,00 dalam kriteria kurang, pada pelaksanaan siklus pertama meningkat menjadi 69,08 dalam kriteria cukup dan pada siklus kedua memperoleh nilai sebesar 85,58 dalam kriteria baik. Kesimpulannya adalah pelaksanaan kegiatan penilaian kinerja guru pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan serta proses pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kinerja guru di MTsN 3 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Khalil, A. (2022). IMPROVING TEACHERS’ PERFORMANCE IN PLANNING AND IMPLEMENTING LEARNING ACTIVITIES THROUGH THE TEACHERS’ APPRAISAL AT MTsN 3 WEST ACEH IN ACADEMIC YEAR 2022/2023. JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, Dan Edukasi, 1(2), 36–43. https://doi.org/10.47662/jaliye.v1i2.386