PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBASIS WEBSITE UNTUK GURU SMP DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Iskandar Zulkarnain Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Alwashliyah, Medan
  • Arianto Arianto Pendidikan Bahasa Indonesia,FKIP,Universitas Alwashliyah Medan
  • Diah Kusyani Pendidikan Bahasa Indonesia,FKIP,Universitas Alwashliyah Medan
  • Meida Rabia Sihite Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Alwashliyah, Medan
  • Siswadi Siswadi Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jaliye.v1i1.251

Keywords:

pelatihan, bahan ajar, website, covid-19

Abstract

Solusi yang ditawarkan untuk pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis website adalah dengan melakukan tutorial, workshop, dan simulasi di sekolah tersebut namun dengan menerapkan protokoler kesehatan. Hal ini akan membantu mitra sebagai sebuah lembaga pendidikan untuk memper kaya kemampuan literasi tenaga pengajarnya meningkatkan kreativitasnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan akses internet yang ada. Nantinya dapat diterapkan oleh guru-guru dalam kegiatan pembelajaran. Solusi yang disepakati oleh pengusul dan mitra adalah memberikan pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis website dengan melakukan tutorial, workshop, dan simulasi di sekolah tersebut. Dampak yang dihasilkan dari pemberian pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis website tersebut pada sekolah mitra adalah semakin bertambahnya wawasan dan kreativitas guru dalam mengajar di tengah situasi pandemi Covid-19. Memancing minat dan ketertarikan siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, membangkitkan gairah belajar siswa yang sempat lesu akibat aktivitas daring yang kurang menarik minat siswa, serta guru mampu meninggalkan literasi mereka dalam bidang teknologi dan informasi dalam situasi pendemi saat ini.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Zulkarnain, I. ., Arianto, A., Kusyani, D. ., Sihite, M. R. ., & Siswadi, S. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBASIS WEBSITE UNTUK GURU SMP DI MASA PANDEMI COVID-19. JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, Dan Edukasi, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.47662/jaliye.v1i1.251