ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN CACAH KELAS III SD NEGERI NO.067249 MEDAN

Authors

  • Ronald Mahmud.S STKIP Amal Bakti, Medan
  • Ilham Nazaruddin STKIP Amal Bakti, Medan
  • Ery Novita Sari SD IT DOD Medan
  • Ibnu Hajar STKIP Amal Bakti, Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jaliye.v4i1.1011

Keywords:

training, jarimatika, arithmetic operations

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah yang menyebabkan siswa kelas tiga SD Negeri No. 067249 Medan mengalami kesulitan ketika mempelajari kurikulum operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan tentang bagaimana siswa kelas III SD Negeri No. 067249 Medan mengalami kesulitan memahami kurikulum operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan desain penelitian kualitatif untuk membahas topik-topik ini. Dokumentasi, wawancara, dan observasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Peneliti menggunakan teknik analitik deskriptif kuantitatif untuk memeriksa data. Menurut temuan penelitian, sebagian siswa kelas tiga SD Negeri No. 067249 Medan mengalami tantangan belajar.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Mahmud.S , R., Nazaruddin, I., Sari, E. N., & Hajar, I. (2025). ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN CACAH KELAS III SD NEGERI NO.067249 MEDAN. JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, Dan Edukasi, 4(1), 09–16. https://doi.org/10.47662/jaliye.v4i1.1011