STRATEGI PENETAPAN HARGA BARANG PADA PELAKU UMKM KOMUNITAS INSAN KREASI MANDIRI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Authors

  • Khairil Anshari Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Labuhan Batu
  • Yurmaini Yurmaini Universitas Alwashliyah Medan

Keywords:

Strategi Penetapan Harga, Perspektif Ekonomi Islam

Abstract

Strategi penetapan harga adalah kebijakan perusahaan dalam menentukan harga produk yang dijual. Penentuan harga mempengaruhi permintaan, keuntungan, dan posisi produk pasar. Konsep penetapan harga dalam Islam adalah harga ditentukan oleh keseimbangan permintaan dan penawaran juga keadilan ekonomi dengan mempertimbangkan kepentingan pihak yang terlibat di pasar. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi penetapan harga barang yang dilakukan pelaku UMKM serta dilihat dari perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian ini adalah kualitatif yaitu studi yang diterapkan dengan pendeskripsian dari kasus yang dihasilkan dengan menggunakan kata-kata yang jelas. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi penetapan harga barang pada pelaku UMKM Komunitas Insan Kreasi Mandiri adalah harga yang berlaku dipasaran dan kebijakan harga yang kompetitif atas barang yang berkualitas tinggi serta dipengaruhi oleh mekanisme pasar. Berdasarkan perspektif ekonomi Islam mengenai strategi penetapan harga barang telah sesuai dengan ketentuan ekonomi Islam. Hal ini terlihat dari cara penetapan harga yang dilakukan oleh UMKM yang berdasarkan permintaan dan penawaran, dilihat dari sisi keadilan harga serta keuntungan yang diambil oleh UMKM, dan produksi juga sudah memenuhi kriteria Syariah Islam, tidak menjual barang yang diharamkan.

Downloads

Published

2023-06-25