EKONOMI DIGITAL
Keywords:
Digital Economy, E-CommerceAbstract
Ekonomi digital telah menjadi perhatian khusus bahkan menjadi Spesialisasi dalam dunia pendidikan di beberapa negara. Dunia digital akan mengantarkan kepada fenomena pergeseran ketrampilan, yang tentunya diprediksi akan berdampak lebih lanjut kepada pembenahan dan perluasan lapangan pekerjaan. Ekonomi digital adalah kekuatan ekonomi baru dan Indonesia harus mengembangkan Artificial Intelligence (AI). AI merupakan ‘emas baru’ yang diharapkan mampu mensinergikan berbagai situasi dan berbagai stakeholder di dalam kerja sama kolaboratif antara Pemerintah, pelaku usaha, dan para stakeholder lainnya. Penelitian ini bertujuan Selain mampu mempermudah pencatatan keuangan, ekonomi digital juga mampu menekan biaya bisnis UMKM. karena saat ini masyarakat sudah tidak perlu lagi membangun toko fisik yang mahal untuk berbisnis. Mereka cukup membuat lapak secara gratis di berbagai marketplace yang saat ini sudah banyak tersedia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dan penelitian dilakukan melalui berbagai sumber yaitu kajian pustaka dan buku-buku yang terkait. Berdasarkan hasil analisa didapati ekonomi digital Indonesia dipandang akan terus tumbuh bahkan hingga 8 kali lipat pada tahun 2030 mendatang. Dari banyak sektor yang akan membangun ekonomi digital Indonesia, sektor e-commerce adalah yang paling berperan penting. Dari ekonomi digital tersebut, Bank Indonesia mengukur bahwa pada tahun 2025 akan ada 10% produk domestik bruto yang disumbangkan.