PERBEDAAN DAYA TILIK RUANG DAN KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL VAN HIELE DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: (1) kemampuan generalisasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran Van Hiele dengan pembelajaran langsung. (2) Daya tilik ruang matematik antara siswa yang diberi pembelajaran Van Hiele dengan pembelajaran langsung. (3) Proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada model pembelajaran Van Hiele dan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Swasta Laksamana Martadinata Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan generalisasi matematik (2) tes daya tilik ruang matematik (3) proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Adapun tes yang digunakan berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini
dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan proses jawaban siswa pada pembelajaran model Van Hiele. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan generalisasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran Van Hiele dengan
pembelajaran langsung. (2) Terdapat perbedaan daya tilik ruang antara siswa yang diberi pembelajaran Van Hiele dengan pembelajaran langsung. (3) Proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran model Van Hiele pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan generalisasi dan daya tilik ruang matematik siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.