OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jkpm <p style="background-color: #eee; padding: 5px 10px;"><strong>OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika</strong><br /><strong>ISSN :</strong> (print), <strong><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220309052114049">2828-8645</a></strong> (online)<br /><strong>Subjek : Pendidikan Matematika</strong><br /><strong>Frekuensi :</strong> 3 kali setahun <br /><strong>Bahasa :</strong> Indonesia<br /><strong>Pengindeks : Google Shcolar</strong><strong><br /></strong><strong>DOI : </strong></p> <p> </p> en-US risnamirabellasaragih@gmail.com (Risna Mira Bella Saragih) siswady12smile@gmail.com (siswadi ) Wed, 31 Jan 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Metode Kooperatif Student Team Achievement Divisions terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jkpm/article/view/388 <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui RPP dengan metode kooperatif tipe STAD pada materi pertidaksamaan linear dua variabel mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang didasari oleh skor&nbsp;<em>pretest&nbsp;</em>&nbsp;dan&nbsp;<em>&nbsp;postest</em>&nbsp;pada kelas eksperimen. Penelitian RPP dengan pendekatan kemampuan pemecah masalah menggunakan subjeknya yaitu peserta didik kelas X IPS di SMA SMA swasta Rizki Ananda Marindal 30 siswa sebagai kelas Esperimen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dan RPP dengan pendekatan kemampuan pemecah masalah berdasarkan hasil&nbsp;<em>pretest</em>&nbsp;dan&nbsp;<em>posttest</em>, Uji Normalitas, Uji Homegenitas, dan Uji Independent sampel T-test, dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Sehingga RPP dengan pendekatan pendidikan kemampuan pemecah masalah dapat menjadi solusi yang tepat dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik.</p> Ririen Setyawati, Syah Fitri, Mhd.Ilyas Lubis, Adelia Septia Damanik Copyright (c) 2024 Ririen Setyawati, Syah Fitri, Mhd.Ilyas Lubis, Adelia Septia Damanik https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jkpm/article/view/388 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0700 Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Example Non Examples https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jkpm/article/view/385 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara signifikasi pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemapuan pemahaman konsep. penelitian ini dilakukan pada tahun 2022 di SMP Nusantara Lubuk Pakam. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan eksperimen, dengan menggunakan model Example Non Example. selanjutnya penelitian ini akan dibandingkan dengan hasil rata-rata pre-test = 62,30 dan nilai rata-rata post-test = 60,70. dari analisis Uji Validitas Soal Validitas instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada penelitian ini menggunakan validitas isi dan validasi konstruk. Uji validitas isi dilakukan dengan menggunakan daftar checklist oleh 5 validator.Berdasarkan uji validitas isi tersebut, 5 butir soal dapat digunakan untuk instrument penelitian dalam pengambilan data tes penguasaan konsep matematika siswa. Uji Reliabilitas Soal Setelah butir-butir soal dilakukan uji validitas, selanjutnya butir soal diujikan reliabilitasnya. Tujuan dari pengujian reliabilitas adalah untuk mengetahui konsistensi dari instrument sebagai alat ukur, sehingga instrument dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat pengumpulan data. Berdasarkan hasil alpha cronbach diperoleh nilai reliabilitasnya yaitu r11 0.719 dengan r tabel= 0.388 sehingga 5 soal tersebut dinyatakan reliabilitas karena r11? 25.</p> Diah Ayu, Israq Maharani, Siswadi Siswadi Copyright (c) 2024 Diah Ayu, Israq Maharani, Siswadi Siswadi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jkpm/article/view/385 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0700 Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika Materi Statistika Pada Siswa SMA https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jkpm/article/view/414 <p>Pembelajaran matematika mempunyai tujuan agar siswa dapat berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan setiap masalah yang telah diberikan sehingga dapat memahami materi yang diberikan oleh guru, siswa bukan hanya menggunakan rumus yang diberikan mempunyai tujuan agar siswa dapat berpikir kritis dalam menyelesaikan soal. Dalam kehidupan manusia berpikir tingkat tinggi merupakan suatu kegiatan mental yang dialami seseorang ketika mereka dihadapkan pada suatu masalah atau situasi yang harus dipecahkan. Berpikir sebagai suatu aktivitas mental untuk membantu memformulasikan atau memecahkan suatu masalah, membuat suatu keputusan, atau memenuhi hasrat keingintahuan. Pendapat ini menunjukkan ketika seseorang memutuskan suatu masalah, memecahkan masalah, ataupun ingin memahami sesuatu, maka orang tersebut melakukan aktivitas berpikir tingkat tinggi. Instrumen yang digunakan oleh peneliti dalam hal ini adalah instrumen pokok dan instrumen penunjang (Sugiyono 2018). Instrumen pokok dalam penelitian ini &nbsp;adalah siswa SMA Alwashliyah 3 Medan sedangkan instrumen penunjang yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman tes.</p> Rina Sari, Israq Maharani Copyright (c) 2024 Rina Sari, Israq Maharani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jkpm/article/view/414 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0700