PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF: ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

Authors

  • Rosliana Harahap IAIN Takengon, Indonesia
  • Hilda Hakim IAIN Takengon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i2.797

Keywords:

Kemampuan literasi, PPR, Matematika

Abstract

Kemampuan siswa bernalar,mengumpulkan informasi, menafsirkan, dan menemukan solusi dari permasalahan sehari-hari siswa dapat dikatakan sebagai kemampuan literasi matematis. Melalui kemampuan literasi matematis, mereka memahami matematika dan dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata. Tetapi pada saat pengamatan awal didapati bahwa kemampuan literasi matematis siswa masih jauh dari harapan, ini dapat sebabkan oleh pembelajaran yang tidak sesuai, untuk itu Peneliti menerapkan model pembelajaran PPR untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan literasi matematis dengan model pembelajaran PPR. Populasinya adalah seluruh siswa MTS se-Kecamatan Kebayakan, dan sampelnya adalah MTs N 2 Takengon, MTs S Ar-Rahman, dan MTs S Kebayakan. Data didapat dari pre-test dan post-test. Data-data ini lalu diuji normalitas dan homogenitasnya, terakhir dianalisis menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 6,02 lebih besar dari taraf signifikan 5% sebesar t tabel  2,00, Artinya terjadi peningkatan  kemampuan literasi matematis siswa yang signifikan dengan menggunakan  PPR. Walaupun begitu kemampuan literasi matematis harus terus ditingkatkan karena hasil pada tiap level PISA masih dibawah 60%.

Downloads

Published

2022-05-09

How to Cite

Harahap, R., & Hakim, H. . (2022). PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF: ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(2), 36–47. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i2.797

Issue

Section

Articles