Peningkatan Kreativitas Konsep Aljabar pada Siswa Kelas VII

Authors

  • Dini Aulia Universitas Alwashliyah Medan
  • Rika Handayani Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.698

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang dapat merubah pola pikir manusia sampai ke masa modern yang berlandaskan tekonologi informasi dan komunikasi. Pada faktanya peranan guru masih diperlukan dalam proses pendidikan peserta didik serta belum dapat digantikan sepenuhnya oleh sumber belajar lain, oleh karena itu perlu meningkatkan peran serta guru dalam merencanakan, mengadakan, dan memanfaatkan aneka sumber belajar. Kemampuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan aneka sumber belajar perlu terus menerus di tingkatkan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknolgi Pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al - Washliyah 1 Medan, dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023 / 2024. Populasi dalam penelitian ini diambil dari kelas VII, sampel diambil sebanyak satu kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bentuk aljabar yang ditinjau menggunakan software geogebra. Hasil uji normalitas pada soal pre test menghasilkan rata rata (mean) sebesar 43.70 dari 20 orang siswa. Dengan berdistribusi normal yaitu 0,659. Setelah diberikan post test dengan berbantu aplikasi geogebra nilai berdistribusi normal yaitu 0,222. Dengan nilai mean mengalami peningkatan sebesar 62,90Peningkatan kreatifitas siswa sma pada pembelajaran matematika khususnya pada memahaman konsep aljabar sangat penting.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Aulia , D. ., & Handayani, R. . (2024). Peningkatan Kreativitas Konsep Aljabar pada Siswa Kelas VII. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 89–96. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.698

Issue

Section

Articles