Kreativitas Pembelajaran Siswa Smp dengan media IT

Authors

  • Yusnika Yusnika Universitas Alwashliyah Medan
  • Leni Agustina Daulay Intitute Agama Islam Negeri Takengon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.693

Keywords:

Peningkatan Pemahaman Volume Tabung Geogebra

Abstract

Kreativitas merupakan pengetahuan kemampuan untuk memikirkan ide-ide yang baru sehingga dapat melahirkan solusi dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Kreativitas dapat dianggap sebagai kemampuan untuk membentuk kombinasi ide-ide baru untuk memenuhi kebutuhan. Seseorang dikatakan kreatif ketika orang itu secara konsisten . Motivasi dan semangat belajar yang  baik  serta  ditunjang  oleh  kreativitas yang  tinggi  akan  menjadi  stimulus  sangat penting  dan  diperlukan  oleh  peserta  didik sebagai  dorongan  untuk  memperoleh  hasil belajar    yang    maksimal    terutama    pada pembelajaran. Peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan metaphorical thinking dengan berbantuan software Geogebra lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Jenis metode yang digunakan adalah Deskriptif kualitatif yang merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan sejara deskriptif. Subjek penelitiannya adalah Sekolah Smp Al – Washliyah 8 Medan ,siswa kelas VIII2 . Jenis penelitian deskriptif kualitatif kerap digunakan untuk menganalisis kejadian, fenomena, atau keadaan secara sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai - nilai yang diperoleh oleh para siswa /siswi Smp Alwashliyah 8 Medan mencapai nilai dengan rata - rata 82 dan berdistribusi Data normal karna diatas signifikan 0.05 dan berhasil menggunakan aplikasi media IT Geogebra sebagai bahan ajar dan mengajar dengan tetap mengikuti kurikulum yang berjalan pada saat ini.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Yusnika, Y., & Daulay, L. A. . (2024). Kreativitas Pembelajaran Siswa Smp dengan media IT. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 97–102. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.693

Issue

Section

Articles