Penggunaan Aplikasi Geogebra Sebagai Media Kreatifitas Siswa SMA

Authors

  • Rafidah Rafidah Universitas Al-Washliyah Medan
  • Israq Maharani Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.687

Keywords:

Geogebra, Media Kreativitas Siswa

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika di Indonesia harusnya disesuikan dengan standar Isi (Permendiknas No. 22 tahun 2006) yakni pembelajaran matematika dikomunikasikan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk membantu dan memperjelas keadaan atau masalah yang dihadapi. Namun pada prosesnya pembelajaran matematika hanya pada tataran meberikan materi dan tugas seperti pembelajaran lainya. Dengan menemukan bahwa rerata kominikasi matematis siswa atau peserta didik di Inonesia masing belum dikatakan baik. Metode penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang hanya terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, sehingga hanya sekedar mengungkapkan fakta. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kondisi yang sebenarnya. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang mengandung penelitian deskriptif. Pada hasil penelitian, terlihat bahwa terdapat pengaruh pada media pembelajaran geogebra dalam menyelesaikan soal koordinat kartesius. Pada nilai di atas, siswa mengerjakan soal pre test sebelum menggunakan aplikasi geogebra ada yang memperoleh nilai yang rendah sampai yang tinggi. Namun, setelah menggunakan aplikasi geogebra siswa memperoleh nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Rafidah, R., & Maharani, I. . (2024). Penggunaan Aplikasi Geogebra Sebagai Media Kreatifitas Siswa SMA . OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 80–88. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.687

Issue

Section

Articles