Penggunaan Aplikasi Geogebra Sebagai Media Kreatifitas Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.687Keywords:
Geogebra, Media Kreativitas SiswaAbstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika di Indonesia harusnya disesuikan dengan standar Isi (Permendiknas No. 22 tahun 2006) yakni pembelajaran matematika dikomunikasikan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk membantu dan memperjelas keadaan atau masalah yang dihadapi. Namun pada prosesnya pembelajaran matematika hanya pada tataran meberikan materi dan tugas seperti pembelajaran lainya. Dengan menemukan bahwa rerata kominikasi matematis siswa atau peserta didik di Inonesia masing belum dikatakan baik. Metode penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang hanya terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, sehingga hanya sekedar mengungkapkan fakta. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kondisi yang sebenarnya. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang mengandung penelitian deskriptif. Pada hasil penelitian, terlihat bahwa terdapat pengaruh pada media pembelajaran geogebra dalam menyelesaikan soal koordinat kartesius. Pada nilai di atas, siswa mengerjakan soal pre test sebelum menggunakan aplikasi geogebra ada yang memperoleh nilai yang rendah sampai yang tinggi. Namun, setelah menggunakan aplikasi geogebra siswa memperoleh nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rafidah Rafidah, Israq Maharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.