Pembelajaran Matematika sebagai Wadah Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Siswa

Authors

  • Tina Sari Universitas Al-Washliyah Medan
  • Jihan Hidayah Putri Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.686

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Kualitas Proses Belajar Siswa

Abstract

Proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran yang akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Penelitian dengan metode peneltian ini kualitatif deskriftive akan dilaksanakan di Mts Mu’allimin Univa Medan kota medan dengan dua sampel nilai pretest dan postest. Dengan satu kelas  32 orang siswa dan dilakukan selama 2 bulan dari oktober sampai dengan November 2023. Analisis descriftif dalam uji Normalitas dengan penelitian ini pretest dan postest nilai siswa – siswi Mts mu’allimin Univa medan. Hasil analisis nilai  kelas dengan uji normalitas  dengan uji pretest dan postest  di mts mu’allimin univa medan, nilai prestest signifikannya pretest 056  nilai postest 043, dengan masing – masing kelas jumlah mean kelas prestest  76,69 mean kelas postest  85,25.Keterlibatan siswa – siswi belajar siswa perlu memperhatikan pembelajaran yang berwawasan kontruktivitis. Siswa – siswi aktif dalam belajarnya sehingga siswa – siswi fokus  dalam menemukan konsep yang dipelajari. Berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan nilai rata-rata pre-test siswa adalah 76,69 sedangkan nilai post-test siswa adalah 85,25. Hasil tersebut menyatakan bahwa npre-test<npost-test,. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran Matematika.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Sari, T., & Putri , J. H. . (2024). Pembelajaran Matematika sebagai Wadah Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Siswa . OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 73–79. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.686

Issue

Section

Articles