Penerapan Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMA

Authors

  • Eka Putri Yani Universitas Al-Washliyah Medan
  • Khoiruddin Matondang Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.685

Keywords:

Media Pembelajaran, Matematika

Abstract

Mata pelajaran yang memiliki peranan penting di sekolah yaitu matematika terbukti dengan waktu jam pelajaran sekolah yang lebih banyak dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya.Sampel yang digunakan sebanyak 21 orang.di kelas XI SMA Al washliyah 4 medan diperoleh data bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika berdasarkan nilai semester genap banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa diduga disebabkan karena siswa kelas XI yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan materi mata pelajaran. Kesulitan siswa dalam memahami konsep dan materi kemungkinan disebabkan karena tidak digunakannya media pembelajaran pada saat proses pembelajaran Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggambarkan atau  mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan media software GeoGebra. Jadi penerapan media software sangat penting karena dapat meningkatkan pemahaman dan nilai siswa.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Yani, E. P. ., & Matondang, K. . (2024). Penerapan Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMA. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 65–72. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.685

Issue

Section

Articles