Penggunaan Alat Peraga terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Retno Mulianingtias Universitas Alwashliyah Medan
  • Feri Tiona Pasaribu Universitas Jambi
  • Siswadi Siswadi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.683

Keywords:

Alat Peraga, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat penggunaan alat peraga terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penggunaan alat peraga pembelajaran ini masih sering diabaikan dengan berbagai alasan. Alasan yang sering muncul antara lain: terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar, sulit mencari alat peraga yang tepat, dan tidak tersedia biaya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, artinya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran yang jelas dan terperinci mengenai Penggunaan alat Peraga terhadap peningkatan Hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Mts Muallimin Univa medan. Hasil belajar siswa yang menggunakan alat peraga pada mata pelajaran Matematika penulis peroleh dari hasil test ( pre-test dan post-test ). Test dilakukan dengan membagikan soal yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda untuk mengambil data terhadap 25 siswa di kelas 9 visual 1 Madrasah Tsanawiyah Muallimin UNIVA medan. Analisis data dengan menggunakan software IBM SPSS. Dengan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa/I madrasah tsanawiyah muallimin univa medan.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Mulianingtias , R. ., Pasaribu, F. T., & Siswadi, S. (2024). Penggunaan Alat Peraga terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 57–64. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.683

Issue

Section

Articles