Penggunaan Alat Peraga terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.683Keywords:
Alat Peraga, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat penggunaan alat peraga terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penggunaan alat peraga pembelajaran ini masih sering diabaikan dengan berbagai alasan. Alasan yang sering muncul antara lain: terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar, sulit mencari alat peraga yang tepat, dan tidak tersedia biaya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, artinya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran yang jelas dan terperinci mengenai Penggunaan alat Peraga terhadap peningkatan Hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Mts Muallimin Univa medan. Hasil belajar siswa yang menggunakan alat peraga pada mata pelajaran Matematika penulis peroleh dari hasil test ( pre-test dan post-test ). Test dilakukan dengan membagikan soal yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda untuk mengambil data terhadap 25 siswa di kelas 9 visual 1 Madrasah Tsanawiyah Muallimin UNIVA medan. Analisis data dengan menggunakan software IBM SPSS. Dengan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa/I madrasah tsanawiyah muallimin univa medan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Retno Mulianingtias , Feri Tiona Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.