ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Khoiruddin Matondang Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Risna Mira Bella Saragih Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Leni Agustina Daulay Intitute Agama Islam Negeri Takengon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.595

Keywords:

Mathematical Literacy Ability

Abstract

Kemampuan literasi matematis siswa Indonesia masih rendah dan tertinggal jauh dari negara lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan kemampuan literasi matematika siswa, yang mengacu pada kemampuan setiap orang untuk memahami dan menerapkan matematika dalam berbagai konteks yang terhubung dengan alam, masyarakat, dan budaya. Abstrak menjelaskan secara singkat tujuan dan hasil penelitian. Penelitian dilakukan di SD YAPSI Medan tahun pembelajaran 2022/2023 ganep. Subjek penelitian  siswa kelas V-A SD YAPSI Medan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif  yang  mendeskripsikan  literasi matematika pada materi kecepatan. Ada  tiga  tahapan  prosedur yang  dilalui yaitu persiapan, pelaksanaan dan analisis. Objek  penelitian adalah pengenalan literasi matematika pada materi kecepatan. Teknik pengumpulan menggunakan dokumentasi, rekaman video, data tertulis dan wawancara. Instrument yang digunakan adalah foto, lembar tes tertulis dan lembar catatan di lapangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan triangulasi untuk mendeskripsikan peran dari aktivitas yang telah didesain selama proses pembelajaran. Hasil penelitian kemampuan literasi matematika kelas V-A SD YAPSI termasuk ‘’Tinggi”. Dari 35 siswa, 29 siswa memahami soal literasi matematika dan 6 siswa tidak memahami soal literasi matematika.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Matondang, K. ., Saragih, R. M. B. ., & Daulay, L. A. . (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 142–148. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.595

Issue

Section

Articles