Pengaruh Pembelajaran Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMA Nurul Iman Tanjung Morawa

Authors

  • Risna Mira Bella Saragih Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan
  • Yumira Simamora Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan
  • Siti Sintia Febrianti Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i1.156

Keywords:

Open-ended, concept understanding ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran open-ended terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa SMA Nurul Iman Tanjung Morawa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Nurul Iman Tanjung Morawa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan random sampling. Siswa kelas XI (1) sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan Model open-ended siswa kelas XI (II) sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan Model konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari: pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan anova dua jalur dari hasil belajar siswa yang dilakukan fhitung  ftabel yaitu fhitung 90.565  ftabel 4.01 maka H1 diterima. Hasil utama dari penelitian ini adalah: terdapat pengaruh pembelajaran open-ended terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa SMA Nurul Iman Tanjung Morawa.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Saragih, R. M. B., Simamora, Y., & Febrianti, S. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMA Nurul Iman Tanjung Morawa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i1.156

Issue

Section

Articles