Pengaruh Pembelajaran Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMA Nurul Iman Tanjung Morawa
DOI:
https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i1.156Keywords:
Open-ended, concept understanding abilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran open-ended terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa SMA Nurul Iman Tanjung Morawa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Nurul Iman Tanjung Morawa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan random sampling. Siswa kelas XI (1) sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan Model open-ended siswa kelas XI (II) sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan Model konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari: pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan anova dua jalur dari hasil belajar siswa yang dilakukan fhitung ftabel yaitu fhitung 90.565 ftabel 4.01 maka H1 diterima. Hasil utama dari penelitian ini adalah: terdapat pengaruh pembelajaran open-ended terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa SMA Nurul Iman Tanjung Morawa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.