Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Materi Bilangan Pecahan

Authors

  • Maya Ishauri PGSD STKIP Amal Bakti Medan
  • Ainul Marhamah Hasibuan PGSD STKIP Amal Bakti Medan
  • Fira Astika Wanhar Pendidikan Matematika STKIP Amal Bakti Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/jkpm.v4i3.1062

Keywords:

Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode Problem Based Learning (PBL) mempengaruhi kemampuan siswa untuk berpikir kritis tentang bilangan pecahan di kelas V di SD Negeri 058107 Sei Dendang. Ada desain penelitian quasi-eksperimental dari jenis kelompok kontrol nonequivalent yang digunakan dalam pekerjaan ini. Metode kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran tradisional. Tes keterampilan berpikir kritis diberikan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) pengobatan sebagai cara untuk mengumpulkan data. Uji-t digunakan dalam analisis data untuk mengetahui bagaimana hasil dari dua kelompok tersebut berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan besar antara seberapa baik siswa yang diajarkan dengan model PBL dan mereka yang diajarkan dengan metode tradisional pada tes keterampilan berpikir kritis mereka. Ini menunjukkan bahwa menggunakan model Problem-Based Learning membantu siswa menjadi lebih baik dalam berpikir kritis. Jadi, pendekatan PBL dapat digunakan sebagai alternatif cara efektif untuk membantu siswa belajar berpikir kritis, terutama ketika mereka mempelajari angka-angka kecil dalam matematika

Downloads

Published

2025-11-26

How to Cite

Ishauri, M., Hasibuan, A. M., & Wanhar, F. A. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Materi Bilangan Pecahan . OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 4(3), 255–263. https://doi.org/10.47662/jkpm.v4i3.1062