https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/issue/feedJALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi2025-06-20T20:58:47+07:00Meida Rabia Sihitemeidarabia55@gmail.comOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong>Jaliye: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi </strong><strong>merupakan</strong><strong> jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diterbitkan oleh </strong>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Washliyah (Univa) Medan. Nama <strong>Jaliye</strong> diambil dari seorang dosen yang telah berkontribusi terhadap pengembangan jurnal di Universitas Alwashliyah Medan. Jurnal ini memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa implementasi berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, dan ekonomi. Dalam satu tahun Jaliye diterbitkan sebanyak 2 (dua) kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. </p> <p style="text-align: justify;">Redaksi Jaliye mengundang para peneliti, akademisi, dan para praktisi untuk bersama menuangkan gagasan dan pemikirannya mengenai upaya dalam mengimplementasikan keilmuan di masyarakat. </p> <p>Ruang lingkup Jurnal Jaliye meliputi:</p> <ol> <li>Pendidikan</li> <li>Teknik</li> <li>Pertanian</li> <li>Sosial humaniora</li> <li>Ekonomi</li> </ol>https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/944DARI ORGANISASI KE DUNIA PENDIDIKAN : MEMBANGUN SANTRI SEBAGAI PEMIMPIN DAN GURU MASA DEPAN DI PONDOK PESANTREN ASSIDIQIYAH 06 SERPONG2025-05-08T12:41:22+07:00Saiful Anwardosen00902@unpam.ac.idSri Utaminingsihdosen00456@unpam.ac.idFebiyansyah Febiyansyahfebiyansyah96@gmail.comEstherini Heratity Pratiwiestherinipratiwi@gmail.comLuky Fatur Ramadhanlukyfr02@gmail.comZulkifli Zulkiflizoel.cheme@gmail.comLailiah Lailiahlailiah54@gmail.com<p><em>This community service program, titled "From Organization to Education: Building Santri as Future Leaders and Teachers," aims to develop leadership and organizational skills among the students (santri) of Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 06 Serpong. The program, conducted through workshops and interactive sessions, is designed to equip santri with the essential skills required to become competent leaders and inspiring educators. The initiative highlights the important role of pesantren in shaping future leaders who integrate ethical leadership with modern educational practices. Through this program, participants are encouraged to enhance their leadership abilities while incorporating Islamic values, preparing them to lead and teach effectively in both personal and professional spheres. The program also focuses on fostering skills in communication, management, and decision-making, with an emphasis on real-world applications. Ultimately, the program aims to build a strong foundation for santri to become change-makers in their communities</em><em>.</em></p>2025-05-19T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasihttps://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/1011ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN CACAH KELAS III SD NEGERI NO.067249 MEDAN2025-06-20T20:58:47+07:00Ronald Mahmud.S ronaldregen710@gmail.comIlham Nazaruddinilhamnazaruddin08@gmail.comEry Novita Sariilhamnazaruddin08@gmail.comIbnu Hajarronaldregen710@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah yang menyebabkan siswa kelas tiga SD Negeri No. 067249 Medan mengalami kesulitan ketika mempelajari kurikulum operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan tentang bagaimana siswa kelas III SD Negeri No. 067249 Medan mengalami kesulitan memahami kurikulum operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan desain penelitian kualitatif untuk membahas topik-topik ini. Dokumentasi, wawancara, dan observasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Peneliti menggunakan teknik analitik deskriptif kuantitatif untuk memeriksa data. Menurut temuan penelitian, sebagian siswa kelas tiga SD Negeri No. 067249 Medan mengalami tantangan belajar.</p>2025-06-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasihttps://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/1002TRIK CEPAT MENGHASILKAN AKAR 2025-06-12T13:14:02+07:00Nur Rahmi Rizqirahmi.cwet@gmail.comIsraq Maharanimahrunisa235@gmail.comDini Aulianurrahmi.rizqi@gmail.com<p>Program pengabdian kepada masyarakat bertema <em>“Trik Cepat Menghasilkan Akar dalam Pembelajaran Matematika”</em> telah dilaksanakan di SMKS Telkom 1 Medan sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini diikuti oleh 30 siswa dengan tingkat partisipasi 100%, menunjukkan antusiasme tinggi dalam mempelajari metode penyelesaian soal akar matematika. Metode pembelajaran yang digunakan bersifat interaktif, mencakup penjelasan teoritis, demonstrasi, latihan terbimbing, dan diskusi kelompok. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 65,5 meningkat menjadi 85,3 pada post-test (peningkatan 30,2%). Selain itu, 90% siswa menyatakan materi mudah dipahami, 85% merasa lebih percaya diri, dan 88% tertarik mempelajari trik matematika lainnya. Kendala yang muncul, seperti perbedaan kemampuan dasar dan keterbatasan waktu, diatasi melalui kelompok belajar heterogen dan penyediaan materi tambahan. Program ini memberikan dampak positif bagi siswa, guru, dan sekolah secara menyeluruh. Untuk keberlanjutan, disiapkan modul mandiri, grup diskusi online, serta monitoring berkala.</p>2025-06-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi