https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/issue/feed JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi 2024-02-14T17:43:00+07:00 Meida Rabia Sihite, S.Pd., M.Hum. meidarabia55@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Jaliye: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi </strong><strong>merupakan</strong><strong> jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diterbitkan oleh </strong>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Washliyah (Univa) Medan. Nama <strong>Jaliye</strong> diambil dari seorang dosen yang telah berkontribusi terhadap pengembangan jurnal di Universitas Alwashliyah Medan. Jurnal ini memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa implementasi berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, dan ekonomi. Dalam satu tahun Jaliye diterbitkan sebanyak 2 (dua) kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. </p> <p style="text-align: justify;">Redaksi Jaliye mengundang para peneliti, akademisi, dan para praktisi untuk bersama menuangkan gagasan dan pemikirannya mengenai upaya dalam mengimplementasikan keilmuan di masyarakat. </p> <p>Ruang lingkup Jurnal Jaliye meliputi:</p> <ol> <li>Pendidikan</li> <li>Teknik</li> <li>Pertanian</li> <li>Sosial humaniora</li> <li>Ekonomi</li> </ol> https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/582 WORKSHOP FUNDAMENTAL INTERNET of THINGS (IoT) 2023-11-06T19:49:08+07:00 Rossi Peter Simanjuntak rossipetersimanjuntak@gmail.com Donna Nurhaida Masdiana Sirait dehijo@gmail.com Albert Panjaitan rossipetersimanjuntak@gmail.com <!-- ######## This is a comment ######## --> <p style="text-align: justify;">Internet of things (IoT) merupakan sebuah konsep komputasi yang menghubungkan sebuah benda atau objek ke perangkat lain sehingga mampu berkomunikasi dan bertukar data yang terhubung dengan internet. Teknologi IoT banyak diterapkan dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang kelistrikan. Saat ini sistem otomasi dalam bidang kelistrikan dengan menggunakan teknologi IoT sangat berkembang sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang mampu memahami teknologi IoT. Siswa SMK jurusan Teknik Intalasi Tenaga Listrik merupakan sumbar daya manusia yang bergerak di bidang kelistrikan. Dari hasil observasi dan interview di lapangan bahwa Siswa SMK jurusan Teknik Intalasi Tenaga Listrik masih minim pemahamannya terkait sistem otomasi dengan menggunakan teknologi IoT dan penerapannya di bidang kelistrikan. Untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa SMK terkait Teknologi IoT dan penerapannya dilaksanakan workshop. Workshop dilaksanakan selama dua hari dengan menyampaikan pengenalan teknologi IoT dan&nbsp; siswa mempraktekkan penerapan teknologi IoT. Siswa membuat rangkaian listrik dengan menghubungkan berupa sensor suhu, relay dan mikrokontroler berbasis Arduino. Setelah siswa mengikuti kegiatan workshop dilakukan evaluasi. Dari hasil evaluasi diperoleh bahwa 93,33% siswa paham dengan teknologi IoT dan penerapannya dibidang kelistrikan.</p> 2023-12-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/618 MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA SD NEGRI No. 067249 MEDAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA 2023-12-31T16:24:09+07:00 Ronald Mahmud S ronaldregen710@gmail.com Ilham Nazaruddin ilhamnazaruddin08@gmail.com Ery Novita Sari ronaldregen710@gmail.com <p>Khususnya di daerah pedesaan, kemampuan matematika anak-anak sekolah dasar seringkali sangat rendah. Berbeda dengan di perkotaan dan sekolah menengah yang menggunakan metode hitung cepat. Oleh karena itu, posisi pengajar di lapangan atau komunitas diperlukan untuk membantu siswa sekolah dasar meningkatkan keterampilan berhitungnya. Karena kemampuan komputasi inilah yang menjadi dasar penghitungan operasi matematika yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang produktif dalam kegiatan ini adalah dengan menggunakan metode jari yang langsung menggunakan organ tubuh siswa sendiri sehingga meningkatkan efisiensi kecepatan berhitung siswa.</p> 2023-12-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/622 OPTMALISASI KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK ANAK USIA PRASEKOLAH MELALUI BERMAIN KREATIF DAN AKTIVITAS FISIK 2024-01-14T22:53:40+07:00 Yenni Novita Harahap yenninovita17@gmail.com Ulfa Annisa Lubis nlubis336@gmail.com Nur Ainun Lubis nurainun2008@gmail.com <p>Kemampuan psikomotorik merupakan kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas fisik yang merupakan salah satu pemicu optimalnya kemampuan psikomotorik anak. Bermain kreatif sendiri merupakan teknik pembelajaran yang dapat merangsang daya kreatif anak, melalui kemampuan psikomotoriknya. Aktivitas fisik merupakan setiap gerakan tubuh yang diakibatkan kerja otot rangka dan meningkatkan pengeluaran tenaga serta energi. Dengan penerepan dua point tersebut dalam peningkatan kemampuan psikomotorik siswa RA-Islam Nur, tentunya akan sangat berdampak pada pengoptimalannya. Dari kedua point tersebut, siswa akan memiliki kesiapan, peniruan, pembiasaan, penyesuaian,dan menciptakan. </p> 2023-12-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/625 PENERAPAN MEMBRAN POLIVINIL ALKOHOL (PVA)-MUNTINGIA CALABURA (DAUN KERSEN) UNTUK PEMBALUT LUKA 2024-01-24T07:59:51+07:00 Najmudin Fauji najmudin.fauji@staff.unsika.ac.id Muhammad Fahmi Hakim najmudin.fauji@staff.unsika.ac.id Farradina Choria Suci najmudin.fauji@staff.unsika.ac.id Dimas Ekaditya Hutama najmudin.fauji@staff.unsika.ac.id Nadya Rachma Oktaviandy najmudin.fauji@staff.unsika.ac.id Amalia Rizka Sugiarto najmudin.fauji@staff.unsika.ac.id Siswadi Siswadi siswadi@ft.unsika.ac.id Bhisma Mahendra najmudin.fauji@staff.unsika.ac.id Cahya Suryadi najmudin.fauji@staff.unsika.ac.id Ujiburrahman Ujiburrahman najmudin.fauji@staff.unsika.ac.id <p>Desa Karangjaya, yang terletak di Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, memiliki potensi besar dalam sumber daya alamnya, khususnya pohon kersen (Muntingia calabura) yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Artikel ini mengajukan pengabdian masyarakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan daun kersen sebagai bahan pembalut luka guna mengatasi kecelakaan dan kurangnya pemahaman tentang kesehatan di masyarakat setempat. Inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk kesehatan, tetapi juga mencakup aspek pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. Metode pelaksanaannya mencakup analisis situasi, sosialisasi, pelatihan, dan evaluasi. Selama pelaksanaan, dilakukan sosialisasi pertolongan pertama dan demonstrasi penggunaan produk pembalut dari daun kersen. Hasilnya mencakup peningkatan pengetahuan masyarakat seputar manfaat daun kersen sebagai pembalut luka dan peningkatan kesadaran akan kebersihan. Meskipun dihadapkan pada kendala koordinasi tim, solusi inovatif dengan memanfaatkan media online telah berhasil diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Rencana tindak lanjut mencakup pengembangan produk pembalut luka, uji klinis, dan penanaman tanaman obat keluarga. Kegiatan KKN-Tematik ini terbukti berhasil memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesehatan dan pendidikan masyarakat Desa Karangjaya serta merangsang pengembangan ekonomi dan pelestarian lingkungan setempat</p> 2023-12-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/621 PENERAPAN MODEL ANATOMI SENSORIK DALAM MENGENALI ORGAN-ORGAN SENSORIK DI RA-ISLAM NUR KOTA MEDAN 2024-01-12T14:43:52+07:00 Minta Ito Simamora mintaito.simamora@gmail.com Fatma Syarah fatmahsyarah01@gmail.com Rina Sari rinasari2905@gmail.com <p>Pengabdian kepada masyarakat merupakan proses implementasi keilmuan yang dipelajari di perguruan tinggi guna memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak di RA-Nur Islam Kota Medan dengan organ-organ sensorik utama melalui penerapan model anatomi sensorik. Penerapan model anatomi sensorik dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan anak usia dini untuk memberikan pengalaman belajar yang konkret dan menarik. Pada kegiatan pengabdian masyarakat di RA-Islam Nur Kota Medan metode yang digunakana selama kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskribtif dimana kegiatannya dimulai dari perencanaan/persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada kegiatan ini kami menggunakan model anatomi sensorik ini agar dapat membantu siswa/I mengetahui dan memahami bagaimana organ-organ sensorik mereka bekerja. Memahami anatomi sensorik dapat membantu dalam merancang aktivitas yang mendukung pengembangan keterampilan motorik halus anak-anak, seperti kejelian dalam melihat, mendengar, merasakan sesuatu seperti menggunakan tangan dan jari dengan lebih terampil dalam menanggapi stimulus sensorik. Berdasarkan pada pengabdian masyarakat yang kami lakukan maka dapat dikatakan bahwa model anatomi sensorik terbukti menjadi model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak di RA-Nur Islam Kota Medan.</p> 2023-12-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/646 PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIC ANAK USIA PRASEKOLAH PADA MATEMATIKA 2024-02-14T17:43:00+07:00 Nur Rahmi Rizqi kumpulandatarahmi@gmail.com Yumira Simamora yumirasmr86@gmail.com Najwah Rokan rokannajwah@gmail.com Risna Mira Saragih risnamirabellasaragih@gmail.com Khoiruddin Matondang khoir86matondang@gmail.com <p>Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengetahui dan menilai penggunaan permainan <em>puzzle</em> sebagai teknik pengajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik anak prasekolah dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika.Sebagai bagian dari teknik pengabdian ini, anak-anak prasekolah berpartisipasi aktif dalam sesi permainan <em>puzzle</em> yang dirancang untuk meningkatkan perkembangan motorik halus dan kasar. <em>Puzzle</em> tersebut dipilih berdasarkan tingkat kerumitan yang paling sesuai dengan kebutuhan perkembangan balita. Sepanjang pengabdian, informasi diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara, dan perekaman video terhadap anak-anak yang sedang bermain. Dalam pengabdian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan <em>puzzle</em> meningkatkan kemampuan motorik anak-anak prasekolah secara signifikan. Selain itu, penggunaan media pembelajaran <em>puzzle</em> juga meningkatkan pemahaman konsep matematika seperti pengenalan bentuk, bilangan, dan pola.</p> 2023-12-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi https://ejurnal.univamedan.ac.id/index.php/jaliye/article/view/642 SOSIALISASI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN POTENSI MANAJEMEN DIRI MELALUI LITERASI INSPIRASI BIOGRAFI TOKOH 2024-02-05T08:53:32+07:00 Lailan Lubis lailan.syafiralubis1993@gmail.com Wina Wulandari wina.wulandari01@gmail.com Sukma Adelina Ray adelinaray3sukma@gmail.com Diah Kusyani diahkusyani13@gmail.com Nurhayati Nasution nurhayatirajab67@gmail.com <p>Kemampuan manajemen diri penting dimiliki oleh peserta didik di sekolah. Keterampilan manajemen diri melibatkan pengaturan diri, memperkuat identitas dirinya, pengelolaan waktu, pengaturan tujuan, pengelolaan tugas, pengelolaan emosi, dan pengembangan kemandirian. Menguasai keterampilan manajemen diri mendorong peserta didik untuk mengoptimalkan waktu, pengaturan diri yang efektif, mampu menghadapi tantangan dengan tenang, pengelolaan hubungan sosial yang baik, dan mencapai tujuan/cita-cita yang ditetapkannya. Penting sekali bagi orang dewasa terutama orangtua, guru, dan guru bimbingan konseling untuk memberikan dukungan berupa pengembangan manajemen diri peserta didik selama masa pubertas mereka.</p> <p>Dukungan yang bisa diberikan kepada peserta didik melalui kegiatan layanan bimbingan dan konseling dengan strategi bimbingan klasikal berupa sosialisasi kepada peserta didik tentang pentingnya pengembangan keterampilan manajemen diri melalui literasi digital biografi tokoh inspiratif. Literasi digital biografi tokoh inspiratif diharapkan dapat mendorong peserta didik terinspirasi dan mengembangkan keterampilan menajemen diri yang lebih efektif. Kegiatan ini mendorong peserta didik mengikuti tahapan kegiatan bimbingan klasikal dengan mempelajari penjalanan kehidupan tokoh, cara tokoh menghadapi dan mengatasi tantangan, mencapai tujuan dengan disiplin dan motivasi yang dimiliki tokoh untuk mencapai tujuan kegiatan untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka akan mengembangkan keterampilan literasi digital yang penting dalam era informasi dan mampu mengambil inspirasi dari tokoh-tokoh inspiratif untuk mencapai kesuksesan pribadi dan akademik.</p> 2023-12-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi