PERAN PSIKOLOGI AGAMA DALAM PENGEMBANGAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i2.829Keywords:
Psikologi, Agama, SpiritualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran psikologi agama dalam pengembangan spiritual peserta didik adalah untuk memahami psikologi Agama berpengaruh atau berperan baik secara umum atau dalam pengembangan nilai-nilai spiritual yang ada dalam diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti berperan sebagai instrumen kunci yang menafsirkan data-data yang ditemukan. Dengan menggunakan metode studi pustaka dimana peneliti membaca teori-teori yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti yang bersumber dari literature akademik berupa buku, artikel jurnal, dan yang lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan menjadi sarana dalam pembentukan jiwa keagamaan peserta didik. Psikologi Agama mempunyai peran untuk mengembangkan spiritual peserta didik dengan memberikan kesadaran akan makna hidup, tujuan dari perbuatannya dengan memperbaiki moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari, hubungan dengan Tuhan dalam bentuk penguatan keyakinan serta keimanan. seorang peserta didik dapat menghadapi tantangan keimanan dengan pengendalian emosi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan psikologi agama mempunyai peran yang sangat penting dalam pengembangan spiritual peserta didik dengan bantuan psikologi agama peserta didik dapat memahami makna dari nilai-nilai spiritual keagamaan yang akan menjadi dasar dalam pembentukan karakter dan tingkah laku kepribadian setiap peserta didik untuk mencapai kesejahteraan hidup.