PERENCANAAN PESERTA DIDIK DI MIS AL-HIKMAH NAMORAMBE

Authors

  • Mhd. Alfi Syahrin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Indra Sakti Siagian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Carles Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Mesiono Mesiono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i2.809

Keywords:

Perencanaan, Peserta Didik, Madrasyah Ibtidaiya Swasta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui proses perencanaan peserta didik di MIS Al Hikmah Namorambe diterapkan dan apa saja langkah-langkah yang diambil oleh sekolah dalam memastikan proses tersebut berjalan efektif. 2) Untuk mengetahui tantangan dan kendala yang dihadapi dalam perencanaan peserta didik di MIS Al Hikmah Namorambe, dan 3) bagaimana sekolah mengatasi masalah-masalah tersebut. Penelitian ini menggunkaan jenis penelitian kualitatif dengan pendekataka kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokuemntasi, sedangkan teknik analisa data berupa reduksi data, penyajian dan dan menyimpulkan data dengan teknik keabsahan data melalui Uji Kredibilitas, Uji Transferabilitas, Uji Dependabilitas, dan Uji Konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses perencanaan peserta didik di sekolah ini dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan setiap tahun. 2) Tantangan utama yang dihadapi dalam perencanaan peserta didik di MIS Al Hikmah Namorambe mencakup fluktuasi jumlah pendaftar yang sulit diprediksi setiap tahunnya, keterbatasan fasilitas, menjaga komunikasi yang efektif serta memastikan peningkatan kualitas pendidika. 3) Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini sekolah melakukan beberapa tindakan seperti memperkuat komunikasi, kerjasama, memanfaatkan ruang multifungsi, jadwal belajar yang lebih fleksibel, mengevaluasi dan memperbaiki sistem penerimaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi pengembangan keterampilan guru dalam perencanaan pembelajaran di sekolah.

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Syahrin, M. A. ., Siagian, I. S. ., Harahap, C. ., & Mesiono, M. (2024). PERENCANAAN PESERTA DIDIK DI MIS AL-HIKMAH NAMORAMBE. HIBRUL ULAMA, 6(2), 152–159. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i2.809