PENGARUH METODE UMMI TERHADAP MOTIVASI MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS III-V DI SD ISLAM TERPADU MISBAHUL UMMAH DESA PEMATANG KUALA

Authors

  • Lia Friantika Universitas Alwashliyah Medan
  • Muhammad Riduan Harahap Universitas Alwashliyah Medan
  • Dahrul Dahrul Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i2.805

Keywords:

Metode Ummi, Motivasi Membaca Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sekolah yang memiliki program-program yang dapat menunjang keberhasilan dalam membimbing siswanya agar agar mampu membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengajaran Al-Qur’an yang dapat memberikan jaminan bahwa setiap siswa lulusan sekolah pasti bisa membaca Al-Qur’an dengan tartil, yakni dengan menerapkan metode Ummi. Metode ini lebih tepatnya tidak hanya di ajarkan tentang cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar, tetapi juga cara mengamalkannya. Rumusan masalah dalam penelitian kali ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Metode Ummi Dalam Membaca Al-Qur’an siswa kelas III-V di SD Islam Terpadu Misbahul Ummah? 2) Bagaimana Motivasi Membaca Al-Qur’an siswa kelas III-V di SD Islam Terpadu Misbahul Ummah? 3) Bagaimana Pengaruh Metode Ummi terhadap Motivasi Membaca Al-Qur’an siswa kelas III-V di SD Islam Terpadu Misbahul Ummah? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunaka adalah observasi, kuesioner, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian kali ini yang peneliti gunakan yakni yakni tes Membaca Al-Qur’an Metode Ummi dan angket Motivasi Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Islam Terpadu Misbahul Ummah. Angket ini gunanya untuk mengetahui Motivasi Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Islam Terpadu Misbahul Ummah. Hasil total data Tes Metode Ummi 50 siswa Kelas III, IV dan V sebesar 2178, sedangkan hasil Angket Motivasi Membaca Al-Qur’an dari 50 siswa Kelas III, IV dan V di SD Islam Terpadu Misbahul Ummah adalah sebagai berikut: 85 % dapat dikatakan Motivasi Membaca Al-Qur’an mereka tergolong baik. Dan diambil kesimpulan bahwa Motivasi Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Islam Terpadu Misbahul Ummah berada dikategori Baik di semua Kelas.

Downloads

Published

2024-11-01

How to Cite

Friantika, L. ., Harahap, M. R., & Dahrul, D. (2024). PENGARUH METODE UMMI TERHADAP MOTIVASI MEMBACA AL-QURAN SISWA KELAS III-V DI SD ISLAM TERPADU MISBAHUL UMMAH DESA PEMATANG KUALA. HIBRUL ULAMA, 6(2), 124–130. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i2.805