IMPLEMENTASI PERMAINAN BISIK BERANTAI PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB METODE ISTIMA’ KELAS VII DI MTS AL WASHLIYAH KM 6 BRAYAN MEDAN

Authors

  • Shafura Shafura Universitas Alwashliyah Medan
  • Pan Suaidi Universitas Alwashliyah Medan
  • Syari’ah Hafizhoh Universitas Alwashliyah Medan
  • Khairul Anwar Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.766

Keywords:

Implementasi , Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Istima’

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana permainan bisik berantai dengan metode istima’ digunakan untuk mengajar bahasa arab  kelas VII di MTs Al-Washliyah km 6 Brayan Medan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai sumber evaluasi bagi berbagai pihak yang terlibat dalam pembelajaran bahasa Arab dengan Metode Istima’. Dalam penelitian kualitatif ini, subjek penelitian adalah penggunaan permainan bisik berantai dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode Istima’. Penelitian ini menyelidiki bagaimana penggunaan metode ini berdampak pada siswa karena guru biasanya hanya menggunakan metode ceramah atau hanya menggunakan satu metode dan siswa cenderung jenuh. Selain itu, guru hanya menyampaikan hal-hal penting tentang bahasa tanpa mempraktikkan apa yang mereka pelajari.Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa, bagaimana metode istima' digunakan untuk mengajar siswa pembelajaran bahasa arab, dan hasil dari penerapan Bisik Berantai pada siswa kelas VII di MTs Al-Washliyah km 6  Brayan Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan permainan bisik berantai dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode Istima' kelas VII dapat berjalan dengan baik, baik melalui observasi, dokumentasi, maupun wawancara. (2) Data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa penerapan permainan bisik berantai dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode Istima' kelas VII dapat berjalan dengan baik; namun, berdasarkan tes, pengaruh peminatan atau penerapan permainan bisik berantai pada pembelajaran bahasa Arab dengan metode Istima' kelas VII cukup baik.

 

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Shafura, S., Suaidi, P. ., Hafizhoh, S. ., & Anwar, K. (2024). IMPLEMENTASI PERMAINAN BISIK BERANTAI PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB METODE ISTIMA’ KELAS VII DI MTS AL WASHLIYAH KM 6 BRAYAN MEDAN. HIBRUL ULAMA, 6(1), 98–103. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.766