PERAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP TINGKAT ANALISIS BERPIKIR SISWA PADA SD NEGERI 101990 BANGUN PURBA KABUPATEN DELI SERDANG

Authors

  • Seila Rizkina Universitas Al Washliyah Medan
  • Lukman Nasution Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan, Indonesia
  • Samsul Bahri Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.764

Keywords:

Profesionalisme Guru, Analisis Berpikir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran profesionalisme guru terhadap tingkat analisis berpikir siswa pada SD Negeri 101990 Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini difokuskan pada SD Negeri 101990 Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang. Dalam pengumpulan data instrumen penelitian yang disediakan berupa: (a) Lembar observasi; (b) Pedoman wawancara; dan (c) Dokumentasi. Data yang di peroleh akan di analisis secara kualitatif yang mana di paparkan secara deskriptif. Data yang di peroleh di lapangan kemudian di olah secara kualitatif dengan melalui tiga tahap reduksi data, yaitu: (a) Reduksi data; (b) Penyajian data; dan (c) Penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini menggunakam uji keabsahan data dengan mengadakan member check. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Guru profesional dapat mengacu terhadap kompetensi penampilan unjuk kerja seorang guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya, misalnya mampu menyusun RPP kemudian mampu mengelolah silabus dan menyusun persiapan mengajar yang efektif. Kegiatan belajar siswa dirancang sedemikian rupa sesuai dengan tingkat kemampuannya, guru yang bersangkutan mampu menciptakan berbagai bentuk kegiatan dalam meningkatkan analisis berpikir siswa. Guru sangat berperan penting dalam mendidik seperti membimbing, membina, mengasuh, dan mengajar yang bertujuan untuk menjadikan siswa siswi yang berkualitas.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Rizkina, S., Nasution, L. ., & Bahri, S. . (2024). PERAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP TINGKAT ANALISIS BERPIKIR SISWA PADA SD NEGERI 101990 BANGUN PURBA KABUPATEN DELI SERDANG. HIBRUL ULAMA, 6(1), 91–97. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.764