ANALISIS PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Muhammad Tohir Ritonga Universitas Alwashliyah Medan
  • Pan Suaidi Universitas Alwashliyah Medan
  • Hasnah Siahaan Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.743

Keywords:

Pembelajaran, Literasi Keuangan Syariah, Anak Usia Dini

Abstract

Pembelajaran literasi keuangan syariah pada anak usia dini hadir dikarenakan akan kebutuhan akan kemajuan keuangan syariah yang ada di Indonesia, tentunya hal ini harus dimulai sejak dini ditanamkan pada anak agar anak dapat mengelola dan memanajemen keuangannya dengan baik berdasarkan konsep syariah, sehingga bermanfaat bagi dirinya stelah dewasa ataupun untuk masyarakat dan negaranya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran literasi keuangan syariah pada anak usia dini. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisa data yang dimulai dari reduksi data, penyajian data hingga menyimmpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan markey day, infaq, menabung dan penggunaan media dan sumber belajar memberikan dampak yang signifikan terhadap pembelajaran literasi keuangan syariah pada anak di kelas B dengan rentang usia 5-6 tahun, dan hal ini ditunjukkan anak dengan respon positif dan hantusias dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Ritonga, M. T., Suaidi, P. ., & Siahaan, H. . (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA ANAK USIA DINI. HIBRUL ULAMA, 6(1), 76–82. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.743