PENGARUH AL-HURRIYAH, AL-MUSAWAH, AL-‘ADALAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA TERHADAP LOYALITAS NASABAH KOTA MEDAN (STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG MUCHTAR BASRI MEDAN)

Authors

  • Dewi Sundari Tanjung Universitas Alwashliyah Medan
  • Erlyanti Erlyanti Universitas Alwashliyah Medan
  • Suci Ramadhani Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.741

Keywords:

Al-Hurriyah, Al-Musawah, Al-‘Adalah, Loyalotas Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Al-Hurriyah, Al-Musawah,   Al-‘Adalah terhadap  Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia Kota Medan Cabang Mukhtar Basri . Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota  yang mejadi nasabah pada bank syariah cabang  Muchtar Basri yang aktif melakukan transaksi keuangan. Penentuan sampel  berdasarkan kemudahan (convenience sampling). Convenience sampling berarti unit sampel yang ditarik mudah dihubungii, tidak menyusahkan, mudah untuk mengukur, dan bersifat kooperatif sehingga peneliti memiliki kebebasan dan kemudahan untuk memilih siapa saja untuk dijadikan sampel penelitian, sebagai sampel untuk penelitian ini diambil 100 orang nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Muchtar Basri  yang ada di kota Medan.Metode Penelitian data yang digunakan adalah Analiisis Linier berganda, Temuan peneliian ini adalah sebagai berikut : Berdasarkan  hasil ujian t bahwa  Al-Hurriyah / Kebebasan mempunyai nilai thitung 2,066 dengan signifikan < 0,05 yaitu 0,041. Nilai thitung menunjukkan lebih besar dari nilai ttabel 2, 066 > 1,660, artnya variabel Al-Hurriyah / Kebebasan berpengaruh (+) signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Nasabah ,  Al-Musawah / Persamaan mempunyai nilai thitung 2,031 dengan signifikan < 0,05 yaitu 0,043. Nilai thitung menunjukkan lebih besar dari nilai ttabel 2,031 > 1,660, artinya  variabel Al-Musawah / Persamaan berpengaruh (+) signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Nasabah , Al-‘Adalah / Keadilan mempunyai nilai thitung 2,219 dengan signifikan < 0,05 yaitu 0,028. Nilai thitung menunjukkan lebih besar dari nilai ttabel 2,219 > 1,660, artinya variabel Al-‘Adalah / Keadilan berpengaruh (+) signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Nasabah,.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Tanjung, D. S. ., Erlyanti, E., & Ramadhani, S. . (2024). PENGARUH AL-HURRIYAH, AL-MUSAWAH, AL-‘ADALAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA TERHADAP LOYALITAS NASABAH KOTA MEDAN (STUDI KASUS BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG MUCHTAR BASRI MEDAN). HIBRUL ULAMA, 6(1), 70–75. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.741