MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI MAN 1 BEKASI

Authors

  • Rizki Hardianto Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rahma Utami Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ruhiyati Aulia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.700

Keywords:

Jigsaw, Increasing Student Activity, Islamic Education

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw. Penelitian yang digunakan bersifat deskriptif yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas berlangsung dalam suatu alur yang disebut siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI dengan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan terpenuhinya KKM. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari setiap siklusnya; pada siklus I rata-rata skor ketuntasan belajar klasikal sebesar 69,00% (25 siswa), dan pada siklus II rata-rata skor ketuntasan belajar klasikal sebesar 94,00% (34 siswa). Dalam hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode Jigsaw telah meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 BEKASI.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Hardianto, R. ., Utami, R. ., Aulia, R. ., Farida, N. A. ., & Makbul, M. . (2024). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI MAN 1 BEKASI . HIBRUL ULAMA, 6(1), 61–69. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.700