PERAN GURU AQIDAH-AKHLAK DALAM MENINGKATKAN RASA HORMAT DAN SOPAN SANTUN SISWA DI MTS S AL-HIDAYAH PATUMBAK

Authors

  • Mutiah Mutiah Universitas Alwashliyah Medan
  • Saprijal Saprijal Universitas Alwashliyah Medan
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.681

Keywords:

Guru Akidah Akhlak, Rasa hormat, Sopan santun

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui peran guru akidah-akhlak dalam membentuk karakter peserta didik MTs S Al-hidayah Patumbak, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru akidah-akhlak dalam membentuk karakter siswa MTs S Al-hidayah Patumbak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, wali kelas VIII dan peserta didik  kelas VIII di MTs Al-Hidayah Patumbak Tahun Pembelajaran yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumnetasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan tiga jalur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Peran Guru Akidah-Akhlak dalam pembinaan sopan santun siswa adalah dengan membangun komunikasi yang baik dan melakukan pendekatan dengan siswa di MTs Al-Hidayah Patumbak tugas dan tanggung jawab guru akidah-akhlak sudah terlaksana dengan baik dari perencanaan, menyusun dan melaksanakan sampai membuat laporan bekala kepada kepala sekolah, 2) Faktor penghambat  dalam pembinaan sikap sopan santun siswa bukan hal yang mudah dan cepat karena setiap anak mempunyai kepribadian yang berbeda-beda, ada yang mudah diomongin ada yang lumayan susah untuk dibilangin karena anak pada umumnya agak susah diatur dan dinasihati untuk hambatan nya tidak hanya itu saja, ada anak yang kurang mendapat perhatian dari orang tua, 3) Faktor pendukung pembentukan sikap sopan santun yaitu madrasah memberikan dukungan penuh dalam pembentukan sopan santun di buktikan dengan guru selalu melakukan rapat setiap satu bulan sekali untuk membahas mengenai perkembangan anak.

Downloads

Published

2024-05-18

How to Cite

Mutiah, M., Saprijal, S., & Irwansyah, I. (2024). PERAN GURU AQIDAH-AKHLAK DALAM MENINGKATKAN RASA HORMAT DAN SOPAN SANTUN SISWA DI MTS S AL-HIDAYAH PATUMBAK. HIBRUL ULAMA, 6(1), 32–40. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.681