Pengaruh Literasi Media Digital Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs Alwashliyah 30 Pematang Guntung

Authors

  • Rizki Mahesa Harahap Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Muhammad Riduan Harahap Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Ade Rahman Matondang Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i2.660

Keywords:

Literasi media digital, Prestasi belajar

Abstract

Literasi media digital merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan saat ini, hal ini berkesesuaian dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh literasi media digital terhadap prestasi belajar siswa di MTs Al Washliyah 30 Pematang Guntung. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas VIII, sedangkan teknik sampling yang digunakan purposive sampling sampel sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket, sedangkan analisis data menggunakan uji statistik dengan SPSS versi 28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat pengaruh literasi media digital terhadap prestasi belajar siswa di MTs Al Washliyah 30 Pematang Guntung, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai t hitung diperoleh sebesar 0,004 sedangkan t tabel yaitu 0,05.  Hal ini berarti bahwa nilai t hitung < t tabel yaitu 0.004 < 0.05, sehingga disimpulkan bahwa Ha terima dan Ho ditolak.

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Harahap, R. M. ., Harahap, M. R. ., & Matondang, A. R. . (2023). Pengaruh Literasi Media Digital Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs Alwashliyah 30 Pematang Guntung. HIBRUL ULAMA, 5(2), 130–135. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i2.660