KONTRIBUSI PEMBELAJARAN KE-ALWASHLIYAHAN DALAM PEMBINAAN IBADAH SISWA DI MTS AL WASHLIYAH 16 PERBAUNGAN

Authors

  • Siti Nurhalizah Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Yulia Warda Universitas Al Washliyah UNIVA Medan
  • Nur Asyiah Siregar Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i2.640

Keywords:

Pembinaan Ibadah, Pembelajaran Kealwashliyahan

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang tiga aspek yaitu: 1) Kontribusi Pembelajaran Ke-Alwashliyahan dalam pembinaan ibadah; 2) Peran guru Ke-Alwashliyahan dalam pembinaan ibadah; dan 3) Untuk mengetahui problematika pembinaan ibadah  Siswa di MTs Al Washliyah 16 Perbaungan. Penelitian dilakukan selama enam bulan dimulai dari observasi objek penelitian sampai pada pengambilan data. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi. Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, guru dan siswa MTs Al Washliyah 16 Perbaungan yang dipilih secara purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain; observasi (pengamatan), interview  (wawancara), dokumentasi dan gabungan keempatnya. Analisa data dalam penelitian ini melalui tahap reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil dalam penelitian ini adalah:1) Pembelajaran Kealwashliyahan berkontribusi dalam pembinaan ibadah siswa melalui tiga tahapan yaitu motivasi, Penguatan dan kaderisasi dengan tiga tahapan tersebut diharapkan nilai nilai ibadah dapat melekat didalam diri siswa dan siswa mampu melaksanakan ibadah dengan benar-benar sesuai dengan yang Rasulullah Saw; 2) Dalam hal pembinaan ibadah siswa guru Kealwashliyahan berperan sebagai motivator, teladan, dan pemberian nasihat. Pembinaan ibadah dilakukan dengan pembelajaran aktif dan menyenangkan sehingga siswa tidak merasa bosan namun tetap mengutamakan tujuan dari pembelajaran; dan 3) Problematika yang dihadapi guru dalam pembinaan ibadah  siswa di MTs Al Washliyah 16 Perbaungan yaitu : a) Minat siswa, b) minimnya alokasi waktu, dan c) faktor lingkungan.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Nurhalizah, S. ., Warda, Y. ., & Siregar, N. A. . (2023). KONTRIBUSI PEMBELAJARAN KE-ALWASHLIYAHAN DALAM PEMBINAAN IBADAH SISWA DI MTS AL WASHLIYAH 16 PERBAUNGAN. HIBRUL ULAMA, 5(2), 102–113. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i2.640