PARADIGMA KEMANUSIAAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Ahmad Ridwan Universitas Al Washliyah Medan, Jalan Sisingamangaraja Km 5,5 Medan
  • Fathul Jannah Universitas Al Washliyah Medan, Jalan Sisingamangaraja Km 5,5 Medan
  • Halimatun Sakdiyah Universitas Al Washliyah Medan, Jalan Sisingamangaraja Km 5,5 Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i2.243

Keywords:

Paradigma, kemanusiaan, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada bebrapa ayat al-Quran dan Hadits. hal yang melatar belakangi penelitian ini berawal dari keinginan peneliti untuk mengetahui paradigma kemanusiaan dalam pendidikan Islam. Mengetahui peradigma kemanusiaan merupakan bagian penting dari menjalankan Pendidikan  untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karenanya membutuhkan pengetahuan tentang paradigma kemanusiaan dalam pendidikan Islam. Adapun jenis penelitian yang diambil adalah penelitian Pustaka (library research) dengan populasi atau sample yang digunakan beberapa ayat-ayat al-Quran dan Hadits, metode pengumpulan data dilakukan dengan berbagai setting dan berbagai cara, bila dilihat dari berbagai settingnya, data dapat dikumpulkan pada setting alamiah (natural Setting) pada perpustakaan dengan metode eksprimen, disekolah dengan tenaga Pendidikan dan kependidikan, di rumah dengan berbagai respondent, pada suatu seminar, diskusi dan lain-lian. Adapun luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah dapat masukan bagi  penuntut ilmu dalam menentukan sikap dan perbuatan dirinya terhadap Ilmu Pengetahuan Agama, agar guru dan masyarakat dapat mengetahui bagaimana paradigma kemanusiaan dalam Pendidikan Islam. Sehingga Pendidikan Islam dianggap penting dalam kehidupan.

Downloads

Published

2022-08-05

How to Cite

Ridwan, A. ., Jannah, F. ., & Sakdiyah, H. . (2022). PARADIGMA KEMANUSIAAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM . HIBRUL ULAMA, 4(2), 8–14. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i2.243