IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.47662/hibrululama.v7i1.1038Keywords:
Merdeka Belajar, Kompetensi Guru, Era DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program Merdeka Belajar dalam meningkatkan kompetensi guru di era digital, khususnya pada MAS Islamic Centre Medan. Kompetensi guru yang diteliti mencakup kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, serta kompetensi dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi, tuntutan terhadap kompetensi guru semakin meningkat, terutama dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Pendekatan ini dipilih untuk memahami secara mendalam bagaimana program Merdeka Belajar diimplementasikan di lingkungan spesifik, dengan fokus pada pengalaman, persepsi, dan praktik sehari-hari guru. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur yang melibatkan guru, kepala madrasah, dan pihak terkait lainnya untuk mendapatkan perspektif yang komprehensif. Observasi dilakukan untuk mengamati langsung proses pembelajaran dan interaksi yang terjadi di kelas, sedangkan dokumentasi digunakan untuk melengkapi dan mengkonfirmasi temuan dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Merdeka Belajar di MAS Islamic Centre Medan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi guru, terutama dalam adaptasi teknologi dan metode pengajaran yang lebih kreatif.