ANALISA PEMASARAN KOPI ARABIKA (Studi Kasus Desa Sijungkang Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan)

Main Article Content

Syafiruddin Syafiruddin

Abstract

ABSTRAK


Kopi bukan komoditi baru di DesaSijungkang karena sejak jaman Belanda (penjajahan) sudah dikenal dan membudidayakannya.  Masyarakat DesaSijungkang membudidayakan kopi Robusta dan Excelsaa pada mulanya, karena harganya rendah kebun kopi dibiarkan tanpa pemeliharaan dan perawatan.  Munculnya kopi Arabikadenga  harga yang cukup tinggi menjadi motivasi masyarakat Desa Sijungkang untuk membudidayakannya.  Produk kopi Arabika yang dihasilkan belum berbentuk biji kopi tapi masih dalam bentuk kopi berkulit tanduk. Saluran pemasaran kopi Arabika di DesaSijungkang ada dua, pertama dari petani menjual ke pengumpul kecil dan terakhir ke pengumpul besar dan kedua petani  langsung ke pengumpul besar. Diantara kedua saluran ini ternyata memiliki nilai farmer share yang sama 84.61 dan hanya berbeda pada nilai rasio keuntungan dengan biaya. Saluran pemasaran pertama 3.44 dan saluran kedua 2.33.

Article Details

Section
Articles

References

Biro Pusat Statistik Kabupaten Tapanuli Selatan. 2016. Kecamatan dalam Angka (KCDA). Angkola Timur: BPS. Tapsel.
Dinar, D. 2017. Analisis Sistem tataniaga Pengbibtanm bibit Mangga. Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Volume 5 nomor 1, Juli 2017
Elpawati, Anwar, H dan A. Muhib. 2014. Analisa Tataniaga Ubi Jalar di Desa Purbasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogior, Jurnal Agribisnis Volume 8 nomor 2, UIN Jakarrta.
Hartono, B., Rauf, A., Elfiati, D., Harahap, F.S. and Sidabuke, S.H., 2018. Evaluasi kesesuaian lahan pertanian pada areal penggunaan lain untuk tanaman kopi arabika (Coffea arabica L.) di Kecamatan Salak Kabupaten Pak-Pak Bharat. Jurnal Solum, 15(2), pp.66-74.
Husinsyah. 2015. Sistem tataniaga Pisang Kepok untuk meningkatkan Ekonomi Masyarakat Tani
Imelda, D.A.E.D. 2014. Analisa Efesiensi Sistem Pemasaran Ikan Lele di Desa Risau Jaya I, Kecamatan Kubu Raya. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Voluem 1(3).
Justiceawan,M.W., M.Apriyani dan TM.M. Saty; 2020. Analisis Efesiensi Tataniaga Kopi I desa Ngarip Kecamatan Ukubelu, Kabupaten Tanggamus. JUrnal of Food System and Agribuusines Volume 4(1)., Lampung
Kandari, A.M., Safuan, L.A.O.D.E. and Amsil, L.M., 2013. Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Pengembangan Tanaman Kopi Robusta (Coffea canephora) Berdasarkan Analisis Data Iklim Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Geografi Land Suitability Evaluation for Development of Coffee Robusta (Coffea canephora) Based. Jurnal Agroteknos, 3(1), pp.8-13.
Lubis, A. F.R. 2016. Sistem tataniaga Tanda Buah Segar di Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat Sumatra Utara, Jurnal Agribisnis Sumber Utama Volume 5 nomor 2 Oktober 2016, Riau
Nasrudin, W, 2016. Tataniaga Pertanian. Universitas terbuka, Jakarta
Popidylah, Radibna dan A. Suyatno. 2015. Analisa Pendapatan Usaha Tani padi di Desa Sungai Kinjil Kecamatan Benua Kyong, kabupaten Ketapang, Dinas Pertanian, Kabupaten Ketapang
Wilson, W., Supriadi, S. and Guchi, H., 2015. Evaluasi Sifat Kimia Tanah pada Lahan Kopi di Kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Agroekoteknologi Universitas Sumatera Utara, 3(2), p.104299.