Pengaruh Aspek Sosial Ekonomi Dengan Tingkat Adopsi Petani Terhadap Teknologi Budidaya Kedelai (Glycine Max L) Di Kecamatan Baringin Kabupaten Deliserdang

Main Article Content

Adriansyah Adriansyah
Henny Wahyuni

Abstract

Usahatani merupakan suatu organisasi produksi, petani sebagai pelaksana untuk mengorganisasi tanah (alam), tenaga kerja dan modal yang ditujukan kepada produksi di lapangan pertanian baik yang didasarkan atas pencaharian laba atau tidak.Kedelai (Glycine max L.) adalah salah satu komoditas utama kacang-kacangan yang menjadi andalan nasional karena merupakan sumber protein nabati penting untuk diversifikasi pangan dalam mendukung ketahanan pangan nasional.Banyak faktor yang mempengaruhi petani dalam berusahatani terutama dalam hal mengutamakan hasil produksi yang optimal diantaranya yaitu meliputi faktor ekonomi yaitu penguasaan modal, harapan keuntungan yang lebih besar dari usahatani yang akan dipilih jika dibandingkan dengan bentuk usahatani lainnya. Untuk mengetahui tingkat adopsi petani terhadap teknologi budidaya kedelai serta untuk mengetahui pengaruh social ekonomi petani terhadap teknologi budidaya tanaman kedelai di kecamatan Baringin Kabupaten Deli serdang. Penelitian ini menggunakan metode survey. Dari hasil penelitian didapatkan persentase ketercapaian tertinggi diperoleh pada varietas yaitu sebesar 83.33 % dengan rata-rata 2.50 sedangkan yang terendah adalah pada pemupukan dengan persentase sebesar 37.66 % dengan skor rata-rata 1.13 sedangkan dari rata-rata keseluruhan adalah 13.30 dengan persentase 63.33.


 

Article Details

Section
Articles

References

Anonymous. 2004. Profil Kedelai (Glycine max). Ditjentan. Direktorat Kacang- Kacangan dan Umbi-umbian. 50 hlm
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
Daniel. 2003. Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. Pusat Studi Pembangunan LP-IPB. Jakarta
Harahap, F.S. and Sari, P.M., 2019. Growth and production response of plant pakcoy (brassica rapa l) on use of nasa light organic fertilizer. Jurnal Pertanian Tropik, 6(2), pp.222-226.
Harahap, F.S., Rauf, A., Rahmawaty, R. and Sidabukke, S.H., 2018. Evaluasi kesesuaian lahan pada areal penggunaan lain di Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu Kabupaten Pakpak Bharat untuk pengembangan tanaman cabai merah (Capsicum annuum L.). Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan, 5(2), pp.829-839.
Husodo S, 2004. Pertanian Mandiri, Pandangan Strategi Para Pakar untuk Kemajuan Pertanian Indonesia. Penebar Swadaya, Jakarta
Kadir, R. 2013. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian-Teori dan Aplikasi. PT. Raja Grafindo. Jakarta Machfudz,M., 2007. Dasar-dasar Ekonomi Mikro.Prestasi Pustaka, Jakarta.
Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor
Rahmawaty, R., Frastika, S., Rauf, A., Batubara, R. And Harahap, F.S., 2020. Land suitability assessment for Lansium domesticum cultivation on agroforestry land using matching method and geographic information system. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 21(8).
Ramlan. 2008. Strategi Pengembangan Komoditas Kedelai di Provinsi Bengkulu. Thesis Institut Pertanian Bogor. Master Theses from MBIPB / 2016-05-12 09:36:28
Rangkuti, Freddy . 2008. Analisis S W O T : Teknik M em bedah Kasus Bisnis- Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21/Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran : Falsafah, Teori, dan Aplikasi.P T Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.
Soekartaw i, 1995. A nalisis Usahatani. U I. P ress : Jakarta
Soekartawi, 1994. Teori Ekonomi Produksi dengan pokok bahasan analisis Fungsi produksi Cobb Douglas. Raja grafindoPersada, Jakarta.
Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. UI-Press. Jakarta
Supranto, J. 2008. Statistik (teori dan aplikasi). Erlangga. Jakarta
Suratiyah,K. 2006.Ilmu Usaha tani. Penebar Swadaya.Jakarta
Susanti, R., Astri, A. and Harahap, F.S., 2020. Crop Production Growth Response Green Mustard (Brassica juncea L) Against Granting Urea Fertilizer and Manure Goat On Overseas Land Ultisol In District South. International Journal of Science, Technology & Management, 1(3), pp.155-161.
Syamsudin, Lukman. 2007 .Manajemen Keuangan Perusahaan : Konsep Aplikasi dalam : Perencanaan, pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Ed. Baru . PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Wardhani,P.K, 2012. Analisis Efisiensi Produksi dan Pendapatan pada usaha peternakan ayam ras pedaging di kecamatan Limbangan Kabupaten Kendiri
Wicaksono, M. and Harahap, F.S., 2020. Pengaruh Interaksi Perlakuan Rhizobium Dan Pemupukan Nitrogen Terhadap Indeks Panen Terhadap Tiga Varietas Kedelai. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan, 7(1), pp.39-44.