HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN INTENSITAS KEKAMBUHAN GANGGUAN HALUSINASI PENDENGARANDI POLIKLINIK RUMAH SAKIT JIWAPROF. DR.MUHAMMAD ILDREM TAHUN 2019

Authors

  • Kristina Kristina Dosen dan Staff Universitas Haji Sumatera Utara) Ilmu Keperawatan

Keywords:

Dukungan Keluarga, Intensitas Kekambuhan, Halusinasi Pendengaran

Abstract

Halusinasi merupakan perubahan persepsi sensori berupa suara, penglihatan, pengecapan, perabaan atau penghiduan yang tidak dapat membedakan rangsangan internal (pikiran) dan rangsangan eksternal (dunia luar) terhadap lingkungan tanpa ada objek atau rangsangan yang nyata. Halusinasi yang tidakmendapatkanpengobatanmaupunperawatanlebihlanjutdapatmenyebabkanperubahanperilakusepertiagresi, bunuhdiri, menarikdiridarilingkungan, dandapatmembahayakandirisendiri, orang lain, danlingkungan.

            Penelitian ini mengunakan jenisadalah  deskripsi korelasi, dengan pendekatan dengan cross sectional  Jumlah populasi sebanyak 279 orang. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan tekhnik Accidental Sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 18 orang. Analisa dataspearman rho

            Hasil penelitian Hubungan  dukungan keluarga Dengan intensitas kekambuhan pasien halusinasi pendengaran diperoleh nilai p=0,002. Hal ini menunjukkan bahwa ada Hubungan yang signifikan dukungan keluarga Dengan intensitas kekambuhan pasien halusinasi pendengaran di poliklinik Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. M. Ildream Provinsi Sumatera Utara tahun 2019.

            Sebagai Kesimpulan dan harapan peneliti kepada lokasi penelitia, Perawat rumah sakit harus memperhatikan aspek dukungan keluarga terhadap klien halusinasi pendengaran yang khususnya yang berobat jalan. Hal ini menyangkut sistem perawatan yang di lakukan keluarga diharapkan dapat menurunkan intensitas kekambuhan pada pasien halusinasi pendengaran Dan memberikan informasi-informasi penting tentang dukungan keluarga kepada klien, serta melakukan homevisit untuk memantau perkembangan kondisi penderita serta meningkatkan pelayanan dan kepedulian terhap penderita.

 

 

References

Afiyanti, Yati dan Rachmawati, Imami Nur. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Riset Keperawatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ardani, Tristiadi Ardi. (2015). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Bandung: Karya Putra Darwati.

Eko Prabowo. (2016). Konsep & Aplikasi Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Nuha Medika.

Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups sebagai
Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Iyus, Yosef. Resika, (2016). Buku AjarKeperawatan Jiwa. Bandung: PT refika Aditama. Mukhripah Damayanti, Iskandar . (2016). Asuhan Keperawatan Jiwa. Bandung: Refika Aditama.

Jusliani dan Sudirman. (2016). Pengaruh Penerapan Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan Halusinasi Klien terhadap Kemampuan Mengontrol Halusinasi di RSKD Provinsi Sulawesi Selatan.

Mubarak, Wahid Iqbal. 2015. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: SalembaMedika.
2019. Ilmu Keperawatan Komunitas. Jakarta: Salemba Medika.
2019. Ilmu Keperawatan Masyarakat. Jakarta: Salemba Medika.

Purwaningsih, Wahyu dan Karlina, Ina. (2016). Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Nuha Medika.

Riskesdas. (2017). Riset Kesehatan Dasar.www.litbang.go.id. Diperoleh tanggal 5 Maret 2019).

RS Jiwa Daerah Surakarta. (2016). Pelatihan Asuhan Keperawatan Jiwa. RSJD: Surakarta.

Wijayaningsih, K. s. (2015). Keperawatan Jiwa Edisi III. Jakarta: EGC. Panduan Lengkap Praktik Klinik Keperawatan Jiwa. Jakarta Timur: TIM.

Susana, Sarka Ade dan Hendarsih, Sri. (2016). Terapi Modalitas Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC.
Tirto Jiwo. (2015, 4 Juni). Pusat Pemulihan dan Pelatihan bagi Penderita Gangguan Jiwa: Cara Mengatasi Halusinasi.

Setiadi, 2017. Konsep Dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pertiwi G. Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Kekambuhan Pasien Skizofrenia Di rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. Fakultas Kedokteran Universitas Surakarta. Skripsi.

Andriyani Kristina, 2015. Hubungan pengetahuan Keluarga Tentang perawatan Halusinasi dengan Tingkat kekambuhan pasien Halusinasi Di RSJD Surakarta, STIKes Kusuma Husada Surakarta. Skripsi.

Downloads

Published

2020-12-17