ANALISA HUBUNGAN KEPADATAN DAN SWELING PADA TANAH LEMPUNG EKSPANSIF

Authors

  • Misdi Misdi Universitas Al Washliyah UNIVA Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/alulum.v12i1.631

Keywords:

swelling, lempung ekspansif, indeks propertis, CBR, stabilisasi

Abstract

Permasalahan pada tanah lempung yang memiliki indeks plastisitas yang tinggi selain daya dukung yang rendah adalah masalah pengembangan (swelling) yang cukup besar yang sering menyebabkan kerusakan pada struktur bangunan seperti retaknya dinding, terangkatnya pondasi dan jalan bergelombang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari besarnya pengembangan dari tanah lempung ekspansif pada tingkat pemadatan dan kadar air awal yang berbeda - beda. Untuk mengetahui besarnya tingkat pengembangan (ekspansivitas) tanah, perlu dilakukan penelitian di Laboratorium, seperti uji Indeks Propertis serta CBR dan swelling test . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan tanah ekspansif sangat tergantung pada besarnya kadar air awal dari tanah tersebut. Selain itu tingkat pemadatan juga turut mempengaruhi pengembangan , dimana semakin tinggi tingkat kepadatan tanah semakin besar pula potensi pengembangan (swelling potential). Oleh karena itu pembangunan pada tanah ekspansif perlu didahului dengan perbaikan / stabilisasi tanah baik secara kimia maupun secara mekanik.

References

Bowles, J.E., 1991. Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah. Edisi kedua. Erlangga. Jakarta.

Das, B. M., 199l. Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis). Jilid 1, Erlangga. Jakarta.

Ayu, M., Rahman, F., Karim, M.A., Mallombasi, A., Aminuddin, M., 2019. Hubungan Koefisien Rembes dengan Swelling terhadap Variasi Butir Tanah pada Kondisi Padat. Jurnal ilmiah mahasiswa teknik sipil universitas muslim Indonesia. Volume 1 nomor 1 Januari 2019.

Wijanarko, S.A., Setiawan, B., Djarwanti, N 2019. Pengaruh Penambahan Kolom Tanah Semen Terhadap Perpindahan Vertikal Tanah Dasar Ekspansif Saat Kondisi Mengembang. Jurnal Matriks Teknik Sipil 2019.

Marcal, P.J., Sudjianto, A.T., Aditya, C., 2022. Stabilisasi Swelling Tiga Dimensi (3D) Tanah Lempung Ekspansif Dengan Limbah Industri Kerajinan Marmer. Jurnal Teknik Sipl dan Lingkungan, BOWPLANK. Vol 2 No. 1 April 2022.

Landangkasiang, F.N., Sompie, O.B.A., Sumampouw, J.E.R., 2020. Analisis Geoteknik Tanah Lempung Terhadap Penambahan Limbah Gypsum. Jurnal Sipil Statik Vol 8 No. 2. Pebruari 2020.

Sipangkar, S.O., Peslinof, M., Fendriani, Y., 2023. Analisis Sifat Fisis Tanah Pada Stabilitas Tanah Lempung Dengan Penambahan Kapur Tohor (CAO). Jurnal Ilmu dan Inovasi Fisika vol 7 No. 1 2023.

Hangge, E.E., Bella, R.A., Ullu, M.C., 2021. Pemanfaatan Fly Ash Untuk Stabilisasi Tanah Dasar Lempung Ekspansif. Jurnal Teknik Sipil, vol 1, April 2021.

Sabardiansyah, R., Gusrizal, Sulaiman AR. 2022. Stabilisasi Tanah Lempung Ekspansif Menggunakan Fly Ash Dan Abu Bata Terhadap Nilai California Bearing Ratio. Jurnal Sipil Sains Terapan vol. 05 No. 01. 2022.

Munirwan, R.A., 2023. Potensi Penambahan Pasir Bentonit Pada Tanah Lempung Untuk Stabilisasi Tanah. Jurnal PRINCE vol. 2. No. 3. 2023.

Downloads

Published

2024-01-26