PENGENALAN SEDIMENT MOBILITY TOOL (SMT) UNTUK TEKNIK EVALUASI CEPAT GUNA PEMANFAATAN MATERIAL KERUK DEKAT PANTAI
DOI:
https://doi.org/10.47662/alulum.v11i2.538Keywords:
alur pelayaran, sedimen, material keruk, Sediment Mobility Tool (SMT)Abstract
Mempertahankan alur pelayaran yang dapat dilayari melalui pengerukan sangat penting bagi masyarakat dan ekonomi, terutama karena beban transportasi dan kargo global meningkat. Pengambil keputusan memerlukan teknik cepat untuk mengevaluasi alternatif penempatan potensial untuk sedimen yang dikeruk. Jika sesuai, sedimen yang dikeruk dapat ditempatkan di dekat pantai sebagai tanggul atau gundukan, sering kali dengan harapan menghilangkan energi gelombang lebih jauh ke lepas pantai dan mendorong pengangkutan sedimen ke arah pantai. Namun, area penempatan yang tepat membutuhkan pertimbangan kedalaman air, iklim hidrodinamik, dan ukuran sedimen. Pekerjaan sebelumnya menggunakan konsep kedalaman penutupan yang terkenal untuk menilai stabilitas tanggul. Sediment Mobility Tool (SMT) berbasis web dikembangkan untuk menilai kemungkinan perpindahan dan arah sedimen dengan pengetahuan beberapa parameter sederhana. Teknik yang digunakan untuk memperkirakan frekuensi mobilisasi sedimen dan arah transportasi bersifat universal. Teknik ini merupakan langkah penting bagi para insinyur dan perencana untuk mengevaluasi potensi volume material keruk untuk memelihara profil pantai. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengenalkan aplikasi SMT sebagi alat evaluasi cepat lokasi pemelihaaran dekat pantai menggunakan material keruk.
References
Brutsché, K. E., B.C.McFall, H.Li, J.E.McNinch,J.D.Ousley, J.A.Engle, and C. K. Magglio. 2017. “Strategic nearshore placement of dredged sediment at Vilano Beach, Florida.” Shore Beach 85 (3): 77–84.
Brutsché, K. E., B. C. McFall, D. B. Bryant, and P. Wang. 2019a. Literature review of nearshore berms. Technical Rep. No. ERDC/CHL SR-19-2. Vicksburg, MS: USACE.
Huisman, B. J., D. J. R. Walstra, M. Radermacher, M. A. de Schipper, and M. G. Ruessink. 2019. “Observations and modelling of shoreface nourishment behaviour.” J. Mar. Sci. Eng. 7 (3): 59. https://doi.org/10.3390/jmse7030059
McFall, B. C., S. J. Smith, C. E. Pollock, J. Rosati, and K. E. Brutsché. 2016. Evaluating sediment mobility for siting nearshore berms. Technical Rep. No. CHETN-IV-108. Vicksburg, MS: USACE.
McFall, B. C., and K. E. Brutsché. 2018. User’s guide for the sediment mobility tool web application. Technical Rep. No. ERDC/TN RSM-18-4. Vicksburg, MS: USACE.
McFall, B. C., V. M. Gonzalez, E. Ramos-Santiago, N. C. Nadal-Caraballo, and K. E. Brutsché. 2020. Uncertainty associated with the sediment mobility tool. Technical Rep. No. CHETN-IV-122. Vicksburg, MS: USACE.
McFall, B. C., et al. 2021. “Evaluation Techniques for the Beneficial Use of Dredged Sediment Placed in the Nearshore” J. Waterway, Port, Coastal, Ocean Eng. 147(5): 04021016
Web aplikasihttps://cirp.usace.army. mil› products› sedmobility.php, diakses pada bulan april 2023
Web aplikasi https://erdc-library.erdc.dren. mil› jspui › bitstream › 11681 › 26412 › 1 › ERDC-TN RSM-18-4.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wiwin Nurzanah, Tri Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.