PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKSPONEN KELAS X IPA

Authors

  • Ardiansyah Harahap Pascasarjana Tadris Matematika IAIN Padangsidimpuan
  • Siswadi Siswadi Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/alulum.v10i1.190

Keywords:

Two stay-two stray, kreativitas, pengaruh, eksponen

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi keingintahuan peneliti apakah pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap kreativitas belajar siswa. oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian yang  berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Kreativitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Eksponen Kelas X IPA MAS Darul Ikhlas H. Abd Manap Siregar”.Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan eksponen, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan belajar dan pembelajaran, model pembelajaran Two Stay Two Stray, kreativitas, dan materi eksponen. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperien dengan menggunakan model pretest posttest control grup dsign. Popoulasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MAS Darul Ikhlas yang berjumlah 34 siswa. Kelas akan dibagi dua kelompok yaitu, kelompok A berjumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dan kelompok B berjumlah 18 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian adalah angket kreatvitas siswa. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dua rata-rata dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung=23,28 dan ttabel= 2,021. karena thitung=23,28  ttabel= 2,021, maka Ha diterima yaitu bahwa rata-rata kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan eksponen dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) lebih baik daripada rata-rata kreativitas belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan eksponen kelas X MAS Darul Ikhlas.

References

Agustina, L., & Lestari, A. P. I. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Metode Problem Posing. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 1(1).

Asih, K. S., Isnarto, I., Sukestiyarno, S., & Wardono, W. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868.

Bey, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 224–239.

Haryanti, Y. D. (2017). Model problem based learning membangun kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 266400.

Hidayah, N., Saragih, R. M. B., & Siswadi, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA. Journal of Maritime and Education (JME), 2(2), 150–154.

Indriani, M. N., & Imanuel, I. (2018). Pembelajaran matematika realistik dalam permainan edukasi berbasis keunggulan lokal untuk membangun komunikasi matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 256–262.

Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. Fakultas Teknik UNY, 12.

Kondo, S. A. S., Side, S., & Minggi, I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dalam Pemecahan Masalah Aljabar Ditinjau dari Perbedaan Gender pada SMP Negeri 8 Makassar. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Kurniawan, A. (2015). PENGARUH TERPAAN TAYANGAN HIGHLIGHTS OTOMOTIF TRANS7 TERHADAP PENGETAHUAN MODIFIKASI MOTOR (Studi Pada" TERRAK’S" Tretan Trail Adventure Komunitas Sumenep). University of Muhammadiyah Malang.

Mulyadi, M. (2012). Riset desain dalam metodologi penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 71–80.

Mulyanti, Y. (2016). KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MELALUI MEANS ENDS ANALYSIS (MEA). Ummi, 10(2), 61–68.

Putri, A. D., Syutaridho, S., Paradesa, R., & Afgani, M. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 135–152.

Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah. Prosiding Seminar Nasional, 160.

Siswadi, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran Matematika dengan Strategi Kooperatif Tipe STAD. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(02), 227–238. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2118

Sopia, N. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Terhadap Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 1–7.

Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. AL-Fathonah, 1(1), 342–351.

Zubaidah, S., & UM, J. (2017). Pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Dengan Tema Inovasi Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Di Universitas Muhammadiyah Makasar, Makasar, 6.

Downloads

Published

2022-01-06