PENENTUAN STANDAR KADAR DIGLISERIDA DALAM PEMBUATAN BIODIESEL DENGAN METODE QUALITY LOSS FUNCTION DI PT X

Authors

  • Masdania Zurairah Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik
  • Edy Syahputra Saragih 2Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Al Azhar
  • Rahmad Rezeki Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik
  • Misdawati Misdawati Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.47662/alulum.v10i1.184

Keywords:

biodiesel, digliserida, metanol, katalis, kerugian kualitas

Abstract

Perusahaan PT X  menghasilkan biodiesel yang berasal dari bahan baku minyak kelapa sawit. Proses untuk mendapatkan biodiesel melalui tahapan  proses pemurnian, transesterifikasi dan kemudian menghasilkan produk metil ester atau biodiesel. Hasil biodiesel yang diperoleh merupakan reaksi antara  (minyak nabati) dengan senyawa kimia methanol dengan bantan katalis. Perusahaan PT X dalam hal ini menetapkan standar bahan baku salah satu adalah   kadar digliserida maksimum 0,2%. Data kadar  digliserida  perusahaan PT X menunjukkan kadarnya diatas 0,2 %,  dengan jumlah produk yang outspec sangat banyak sehingga hal ini menunjukkan adanya sistem produksi yang bermasalah. Kerugian  kualitas  atau Quality Loss Function, ini disebabkan kerusakan dalam tahap proses pembuatannya, yang akan mengalami kerugian berupa material, waktu, dan energi. Hasil perhitungan quality loss function untuk produk yang mengalami kerusakan sebanyak 22816 ton.

References

Herni, Dian Susana, dkk 2004, Optimasi Multirespon Metode Taguchi dengan Pendekatan Quality Loss Function (Study Kasus Proses Pembakaran CO dan Temperatur Gas Buang Pada Boiler di PLTU PAITON SWASTA PHASE II), Penelitian, Jurusan Statistika, Fakultas matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Hamzah Asadullah. 2004. Implementasi pengendalian kualitas untuk mengurangi jumlah cacat tekstil kain katun menggunakan Metode Six Sigma pada PT.SSP. Bandung.

Wawolumaja Rudy, 2011. Perbaikan Kualitas Dock fender Menggunakan Metode Taguchi Parameter Design Pada PT. Agronesia Inkaba, Vol.1, No.1 ISSN 2088-8015, Bandung, Jurusan Teknik Industri, Universitas Kristen Maranatha.

Puspita Riana, 2014 “Pengukuran Fungsi Rugi Kualitas (Quality Loss Function) Dari Metode Taguchi Pada PT. Oleochem & Soap Industri”, Jurna Teknovasi, Vol.01, No.01 ISSN: 2355-701X, Politeknik LP3I Medan,.

Siska Zayendra. Penerapan Metode Taguchi Untuk Optimalisasi Hasil Produksi Rot

Downloads

Published

2021-12-03